Taman Nasional Lore Lindu/wikipedia
Travel

Festival Lembah Lore Digelar 8 hingga 11 November

Newswire
Rabu, 25 Juli 2018 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, PALU - Komunitas bienalithikum yang terdiri atas kumpulan seniman dan pakar situs megalith akan berkolaborasi dalam Festival Lembah Lore yang dijadwalkan berlangsung 8 hingga 11 November 2018 di Lembah Pekurehua, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

“Kawan-kawan yang tergabung dalam Bienalithikum tertarik dan sevisi terkait pelaksanaan Festival Lembah Lore untuk mendukung pengembangan sektor kepariwisataan di Sulawesi Tengah, khususnya Poso,”  kata Ketua Panitia Penyelenggara Mochammad Subarkah di Palu, Rabu (25/7/2018).

Festival ini akan menitikberatkan pada beberapa rangkaian acara yang menampilkan seni tradisi, budaya dan adat istiadat di Lembah Lore.

Penampilan seni ini akan diperlengkapi pula dengan kuliner, mozaik tanaman obat-obatan, mozaik tanaman pangan dan pameran produk lokal khas Lembah Lore, serta lomba dan eksebisi foto yang mencerminkan Lembah Lore.

Festival Lembah Lore Digelar 8 hingga 11 November


Festival Lembah Lore yang pertama kalinya digelar ini mengambil tema 'Merajut Tradisi Melestarikan Alam' yang diselenggarakan berdasarkan potensi lokal untuk mengembangkan produk dan mata pencaharian masyarakat serta kebutuhan akan keterlibatan dan dukungan publik yang lebih besar.

Konsumen dan para pembuat kebijakan yang memiliki pengaruh yang besar dan kebanyakan berada di ibu kota provinsi dan nasional dapat menjadi pioner dalam membumikan entitas produk komunitas yang lestari dan berkelanjutan.

Festival ini bukan hanya sebuah perayaan, juga menjadi terobosan bagi 'community enterprises' yang berkelanjutan. Festival ini berusaha menjadi katalisator untuk mendukung penjualan berkelanjutan dan dukungan terhadap produk lokal dari para pengambil keputusan dan konsumen, ujarnya.

Selama festival, isu kebijakan lintas sektoral yang memengaruhi keberhasilan atau bahkan kegagalan inisiatif masyarakat ini akan dibahas dalam beberapa diskusi yang dirancang semenarik mungkin.

Festival Lembah Lore Digelar 8 hingga 11 November

Sementara itu, Neni Muhidin selaku inisiator kumpulan bienalithikum akan mengkaji dan mengeksplorasi melalui beragam kegiatan dalam bentuk seni pertunjukan dan pendidikan untuk memberi pengetahuan terkait situs megalith yang tersebar di seluruh Lembah Lore yakni Bada, Behoa dan Pekurehua.

Kolaborasi dalam festival ini sangat menarik mengingat begitu kayanya budaya dan peninggalan di Lembah Lore yang mesti diketahui baik anak-anak maupun masyarakat kita dan masyarakat duni, tambahnya.

Salah satu cara memperkenalkannya adalah dengan mengemas sebuah iven yang menarik tentunya seperti yang direncanakan oleh kawan-kawan dari gabungan konsorsium yang bekerja di wilayah lanskap Lariang dan didukung oleh masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Poso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro