ASIAN GAMES 2018: Cegah Karhutla, 10 Helikopter Siaga di Sumsel

Oleh: Dinda Wulandari 22 Juli 2018 | 17:16 WIB
ASIAN GAMES 2018: Cegah Karhutla, 10 Helikopter Siaga di Sumsel
Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Siak, Riau./Antara-Rony Muharrman

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan sebanyak 10 helikopter untuk mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Sumatra Selatan menjelang Asian Games 2018 yang tinggal hitungan hari.

Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan awal Agustus tepatnya pecan pertama pihaknya akan menyiagakan 10 helikopter khusus untuk Sumsel, hal ini dilakukan agar pada saat pelaksanaan Asian Games mendatang tidak terjadi bencana kabut asap.

“Pemerintah pusat bukan saja Sumsel yang disiagakan helikopter tetapi, provinsi sekitar Sumsel juga disiagakan helikopter seperti, Riau itu 6 helikopter, Jambi 2 helikopter,” katanya di Palembang, Jumat (20/7/2018).

Dia menjelaskan hal tersebut merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo agar bencana asap tidak melanda pada saat perhelatan Asian Games.

Willem mengemukakan, penyiagaan helikopter tersebut bertujuan menjamin apabila ada kebakaran ada pencegahan awal, selain melakukan pemadaman melalui jalur udara.

“Jadi untuk mencegah bencana asap tersebut dengan adanya helikopter bisa diperketat patroli, melaksanakan pemadaman dini, pada saat api tersebut masih kecil segera dipadamkan, serta meyakinkan bahwa lahan yang sudah terbakar tersebut dipastikan padam,” ujarnya.

Dia menambahkan, dari 10 helikopter yang akan disiagakan di wilayah Sumsel semuanya milik Indonesia, belum ada bantuan dari negara tetangga. Untuk saat ini, kata dia, sudah ada empat helikopter yang disiagakan, dan satu helikopter dari perusahaan Sinarmas.

“Semua helikopter tersebut sudah beroperasi untuk memadamkan api di wilayah OKI dan sekitarnya,” katanya.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya