Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Terbalik di Perairan Lebak, 2 Orang Meninggal

Kapal KM Orange yang mengangkut 24 orang penumpang terbalik akibat cuaca buruk di sekitar perairan Lebak, Banten.
Ilustrasi kapal tenggelam./Antara-Wira Suryantala
Ilustrasi kapal tenggelam./Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA – Kapal KM Orange yang mengangkut 24 orang penumpang yang terdiri atas 20 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), dua juru masak, dan dua awak kapal termasuk nakhoda dilaporkan terbalik akibat cuaca buruk di sekitar perairan Cikeruh Wetan, Binuangeun, Lebak, Banten.

Sebanyak 20 mahasiswa Pusat Studi Satwa Primata IPB dan dua orang awak kapal telah dievakuasi dengan selamat. sedangkan dua orang juru masak yang merupakan bagian dari rombongan IPB ditemukan meninggal dunia.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Endang mengatakan kapal yang berlayar tanpa surat persetujuan berlayar (SPB) itu menghadapi cuaca buruk. Kapal itu kemudian terbalik akibat terkena ombak dari buritan kapal dan air masuk ke dalam kamar mesin.

"Kapal yang dinakhodai Suhenda tersebut diketahui berangkat tanpa SPB dari pelabuhan yang juga belum diketahui asalnya dengan tujuan ke Pulau Tinjil membawa rombongan mahasiswa IPB untuk melakukan studi satwa primata," ujarnya dalam siaran pers Kementerian Perhubungan pada Kamis (19/7/2018).

Die memerinci pada saat kejadian, seluruh penumpang kapal yang berhasil dievakuasi oleh petugas syahbandar Binuangeun telah menggunakan pelampung.

"Dua orang yang meninggal dunia telah diambil keluarganya, sedangkan penumpang yang selamat telah dibawa ke Puskesmas Binuangeun untuk penanganan medis," kata Endang.

Ditjen Perhubungan menyatakan maklumat pelayaran terkait cuaca ekstrem rutin selalu dikeluarkan mengingat gelombang laut yang tinggi di perairan Indonesia yang harus diwaspadai oleh para nakhoda kapal.

Maklumat itu mengingatkan agar nakhoda selalu memerhatikan faktor cuaca sebelum berangkat dan mengutamakan keselamatan pelayaran tanpa kompromi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper