Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Juli, Riau Kategori Aman Kebakaran Hutan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah Provinsi Riau berada dalam kategori aman dari kebakaran hutan dan lahan pada 20 25 Juli.
Ilustrasi kebakaran hutan./Antara-Nova Wahyudi
Ilustrasi kebakaran hutan./Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah Provinsi Riau berada dalam kategori aman dari kebakaran hutan dan lahan pada 20 – 25 Juli.

"Pada 20-25 Juli 2018 sebagian besar wilayah Riau berada dalam kategori 'Aman' dan 'Tidak Mudah' terbakar, kecuali Kabupaten Pelalawan berada dalam kategori 'Sangat Mudah'," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Kamis (19/7/2018).

Hal itu berdasarkan data prakiraan potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan ditinjau dari parameter cuaca.

Titik panas yang terpantau dari Satelit Terra/Aqua dan NPP (Suomi National Polar-orbiting Partnership) pada sepekan terakhir menunjukkan peningkatan jumlah titik panas di Riau.

Pada 17 Juli 2018 terdeteksi 57 titik panas di Provinsi Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen. Namun, hasil pantauan satelit Terra/Aqua dan NPP pada 19 Juli 2018 menunjukkan penurunan jumlah titik panas.

Sampai dengan pukul 15.00 WIB terdeteksi delapan titik panas di Provinsi Riau dengan tingkat kepercayaan 80 persen tersebar di Kabupaten Dumai dan Bengkalis.

Penuruan jumlah titik panas tersebut sangat dimungkinkan karena tutupan awan dan hujan yang terjadi di wilayah Riau pada malam sebelumnya, jelas Dwikorita.

Lebih lanjut dia mengatakan BMKG terus menerus melakukan koordinasi dengan instansi terkait yaitu BPBD Provinsi, TNI, Polri, Dinas KLHK dan Pemda Riau dalam upaya mengantisipasi bencana kebakaran lahan dan hutan.

Masyarakat juga diimbau agar beraktivitas seperti biasa namum tetap waspada terhadap dampak dari kebakaran hutan yang dapat ditimbulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper