Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Haji 2018, Konsumsi Bulanan Avtur di Medan Diperkirakan Naik 3,7%

Konsumsi Avtur bulanan di Medan, Sumatra Utara, diperkirakan akan meningkat sekitar 3,7% pada Juli akibat adanya musim haji.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN – Kebutuhan pasokan Avtur bulanan di Medan, Sumatra Utara, diperkirakan akan meningkat sekitar 3,7% pada Juli akibat adanya musim haji.

Rudi Ariffianto, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mengatakan pada periode normal, konsumsi rata-rata harian avtur di Sumut berkisar 430 kiloliter per hari.

Namun, adanya periode musim haji diperkirakan akan mengerek konsumsi avtur. “Kalau sebulan normalnya konsumsi avtur di Sumut 13.300 kiloliter, karena ada hajj flight kemungkinan bertambah sekitar 500 kiloliter menjadi 13.800 kiloliter dalam sebulan,” katanya, Selasa (17/7/2018).

Menghadapi musim haji tahun 2018, Pertamina MOR I menyiapkan pasokan Avtur agar cukup untuk penerbangan keberangkatan jamaah Haji tahap 1 yang telah dimulai sejak kemarin, 17 Juli 2018.

Secara khusus untuk area Sumatra bagian Utara, Pertamina meningkatkan rata-rata penyaluran Avtur harian pada bulan Juli sebesar 18.9% dari 28.858 kiloliter per hari menjadi 34.456 kiloliter per hari.

Peningkatan pasokan paling signifikan terjadi pada DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Minangkabau International Airport (MIA), Padang yang meningkat menjadi 8.711 kiloliter per hari dari kondisi normal 4.495 kiloliter per hari atau naik 93,8%.

Dibandingkan dengan realisasi  2017, rencana pasokan ke bandara MIA diperkirakan menurun dikarenakan pada tahun 2017 MIA digunakan untuk transit 10 Kloter dari Lombok. Adapun, pada tahun ini, Kloter dari Lombok tidak lagi transit di MIA dengan estimasi penurunan volume sebesar 1.053 KL.

Dalam menghadapi kemungkinan lonjakan kebutuhan avtur, Pertamina MOR 1 telah mempersiapkan beberapa skenario.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan avtur di DPPU Minangkabau, kami telah menyiapkan rencana supply tanker ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung sebanyak 4 unit tanker,” katanya.

Untuk meningkatkan lifting dari TBBM Teluk Kabung, akan dimobilisasikan tambahan 3 unit mobil bridger kapasitas 24 kiloliter sehingga kapasitas maksimal bridger di bandara MIA meningkat menjadi 594 kiloliter per hari.

Sementara itu, peningkatan penyaluran avtur juga diperkirakan terjadi di DPPU Kualanamu, Deli Serdang dan Hang Nadim, Batam dengan estimasi kenaikan masing-masing sekitar 3,5% dan 9,2% pada Juli 2018.

“Peningkatan penyaluran Avtur ini dilakukan untuk mendukung kelancaran penerbangan demi mendukung pelaksanaan ibadah para jamaah Haji 2018,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper