LRT Palembang : Enam Stasiun Tidak Memiliki Kantong Parkir

Oleh: Dinda Wulandari 18 Juli 2018 | 20:44 WIB
LRT Palembang : Enam Stasiun Tidak Memiliki Kantong Parkir
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melewati stasiun OPI Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (22/5/2018) dini hari./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG -- Sebanyak enam stasiun dari total 13 stasiun pemberhentian dan keberangkatan Light Rail Transit (LRT) terpantau belum memiliki kantong parkir untuk memudahkan penumpang yang lebih dulu menggunakan kendaraan pribadi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengatakan pihaknya memang belum menyiapkan lokasi parkir yang dekat dengan stasiun tersebut.

"Untuk saat ini di setiap titik stasiun tidak memiliki kantung parkir khusus. Keterbatasan waktu menjadi kendala belum bisa diwujudkannya kantong parkir khusus di sekitar stasiun LRT," katanya, Rabu (18/7/2018).

Dia mengemukakan keenam stasiun tersebut yakni Stasiun DJKA/OPI, Stasiun Jakabaring, Stasiun Ampera, Stasiun Cinde, Stasiun Bumi Sriwijaya, dan Stasiun Bandara SMB II.

"Jadi tidak boleh ada yang ngetem atau parkir. Untuk mengantar boleh," terangnya.

Meski demikian, ke depan pihaknya berencana menyediakan kantomg parkir khusus di sekitar stasiun LRT atau Transit Oriented Development (OTD). Dan itu akan dikelola oleh pihak ketiga.

"Nanti ada badan usaha khusus untuk mengelola ini, mulai dari pembebasan lahan, dan bisa juga kerja sama dengan pihak ketiga untuk kedepannya," katanya.

Untuk sementara waktu, dalam menghadapi Asian Games, Dishub Palembang dibantu Kementerian Perhubungan akan menyiapkan 50 shuttle bus yang akan mengangkut warga sampai ke titik terdekat stasiun LRT.

"Nanti 50 shuttle bus itu akan kita bagi mulai dari Bandara sampai Jakabaring. Bus itu juga yang akan mengantar masyarakat yang ingin menonton Asian Games di Jakabaring," ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya