Lama Kosong, Ini 5 Pejabat Baru Eselon II Pemprov Sumut

Oleh: Ropesta Sitorus 13 Juli 2018 | 18:37 WIB
Kantor Gubernur Sumut/sumutprov.go.id

Bisnis.com, MEDAN - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo melantik lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatra Utara.

Pelantikan dilakukan di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu Medan, Jumat (13/7/2018). Adapun pejabat yang dilantik yakni Ismael P Sinaga sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provsu, Zubaidi sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provsu, Harianto Butar-Butar sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Provsu.

Dua lainnya yakni Arief Trinugroho sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provsu, serta Mulyadi Simatupang sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu.

Pj Gubsu Eko Subowo mengatakan pelantikan tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan lima jabatan di lingkungan Pemprovsu yang selama ini dijabat pelaksana tugas (Plt).

“Dengan diisinya jabatan ini, Pemprovsu menjadi full team. Jadi semakin kuat dan solid, karena seluruh pejabatnya sudah terisi,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Eko Subowo menyampaikan proses pengisian jabatan ini dimulai dengan seleksi terbuka oleh panitia seleksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Seleksi dilakukan sejak awal 2018.

“Telah memperoleh rekomendasi dari komite aparatur sipil negara (ASN). Pelantikannya telah memperoleh persetujuan dari Menteri Dalam Negeri,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provsu agar mengejar ketertinggalan perekaman data base kependudukan dengan sistem jemput bola.

“Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil, di pegunungan, di kepulauan itu harus di kejar,” ujarnya.

Selain itu, hal yang sama perlu dilakukan kepada masyarakat yang menginjak usia 17 tahun pada saat pemilu 2019 akan datang, karena pada usia tersebut masyarakat memiliki hak pilih.

“Sebelum 17 tahun bisa direkam dulu tapi penerbitan KTP Elektroniknya ketika berusia 17 tahun,” sebut Eko.

Untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Pj Gubsu meminta untuk mempercepat  proses perizinan memulai usaha dan juga segera menyambungkannya ke Sistem Online Single Submission (OSS) dengan leading sektor Kementerian Koordinator Perekonomian RI.

“Intinya dinas Provinsi harus siap, bila ada program yang berbeda nantinya bisa di-link-an dengan sistem informasi yang disebut dengan ‘si Cantik’ yang dibangun oleh Kementerian Kominfo RI,” kata Eko.

Untuk dinas lainnya, Eko berharap agar terus mengadakan konsolidasi dengan kabupaten/kota dan terkoneksi nasional.

“Pelantikan, mutasi, promosi itu hal biasa dalam karir sebagai ASN. Semoga sukses dalam melakukan tugas yang diemban,” kata Eko.

Acara pelantikan juga dihadiri Sekdaprovsu R Sabrina, para asisten, staf ahli dan Kepala OPD di lingkungan Pemprovsu.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya