Jelang Asian Games, Kualitas Udara Palembang Dipastikan Aman

Oleh: Juli Etha Ramaida Manalu 13 Juli 2018 | 17:01 WIB
Sejumlah orang menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara saat menyeberang di jembatan penyeberangan orang di Sarinah, Jakarta, Senin (9/10/2017)./ANTARA-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan dan Kehutanan menjamin kualitas udara di Palembang telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh World Health Organization menjelang perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah menyebutkan berdasarkan pengukuran yang dilakukan pada Selasa (3/7/2018) di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, konsentrasi partikulat (PM 2.5) yang terdeteksi berada di level 8 mikrogram per meter kubik.

"Untuk Palembang, saya jamin aman karena kami ikuti terus. Pengukuran kami terakhir menunjukkan angka PM 2,5 di level 8 [mikrogram per meter kubik], jauh di bawah ketentuan tahunan [WHO] itu 10 [mikrogram per meter kubik] dan harian 25 [mikrogram per meter kubik]," jelasnya, Jumat (13/7).

Berdasarkan penjelasan KLHK, rata-rata konsentrasi udara ambien PM 2,5 selama masa cuti dan sebelum cuti Lebaran di Palembang berada di level 16,2 mikrogram per meter kubik.

Kendati lebih tinggi dibanding ketetapan tahunan WHO, level tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan ketentuan hariannya.

Level tersebut juga masih lebih rendah bila dibandingkan dengan baku mutu rata-rata harian untuk PM 2,5 yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara yang ditetapkan sebesar 65 mikrogram per meter kubik.

Seperti diketahui, Asian Games 2018 akan berlangsung di Palembang dan Jakarta pada 18 Agustus-2 September 2018. Terdapat 14 pertandingan dari 12 cabang olahraga yang bakal dilaksanakan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. 

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya