Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018: Kamar Hotel di Palembang Sudah "Fully Booked"

Pemesanan kamar sejumlah hotel di Palembang diketahui sudah penuh untuk periode penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018.
Merchandise Asian Games 2018./Reuters
Merchandise Asian Games 2018./Reuters

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemesanan kamar sejumlah hotel di Palembang diketahui sudah penuh untuk periode penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Selatan (Sumsel) menargetkan seluruh hotel mengalami tingkat okupansi 100%, mulai dari kelompok hotel berbintang hingga kelas melati.

Manajer Komunikasi Hotel Wyndham Lucky Surya Ningtias mengatakan pihaknya memiliki 257 kamar hotel dan tercatat sudah terpesan semua untuk periode tersebut.

"Hingga hari ini kami masih menerima permintaan kamar hotel, salah satunya dari perwakilan tim pendukung Singapura. Mereka meninggalkan kartu nama, jika saja ada yang membatalkan pemesanan," ujarnya, Kamis (12/7/2018).

Menurut Lucky, lokasi hotel yang strategis yakni berada dalam satu kawasan dengan Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini dapat diamati dari pemesanan-pemesan yang sudah dilakukan negara-negara peserta sejak akhir 2017.

Hotel Wyndham, yang menjadi salah satu hotel mitra pelaksanaan Asian Games di Palembang, sudah menyiapkan segala keperluan untuk menyukseskan ajang multicabang olahraga tingkat Asia itu.

"Untuk menu makanan, kami sediakan sesuai permintaan jika ada negara-negara yang ingin menu khusus. Selain itu, kami juga merancang acara khusus selama Asian Games nanti, saat ini sedang tahap persiapan," lanjutnya.

Terkait okupansi hotel, pihaknya optimistis dapat meraup angka 100% atau melonjak dari hari biasa yang berada di kisaran 60%-70%.

Keyakinan bakal meraup okupansi 100% tersebut juga melatari keputusan pihak manajemen hotel untuk menaikkan harga per kamar dari hari biasa hingga dua kali lipat selama Asian Games.

Namun, hingga akhir Juli, harga kamar kelas superior masih dipatok Rp650.000, deluxe Rp777.000, junior suite Rp2,2 juta, dan grand suite Rp3.070.000.

"Nanti saat Asian Games bakal ada kenaikan, seperti kelas president suite naik dari Rp4,8 juta menjadi Rp5,5 juta," sebut Lucky.

Sementara itu, Manajer Departemen Marketing Hotel Batiqa Gabi Satriani Putri mengungkapkan dari 160 kamar yang tersedia saat ini, yang tersisa hanya 50-60 kamar untuk periode 1 Agustus-31 Agustus 2018.

"Pesanan datang dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) sebanyak 72 kamar. Ada pula dari beberapa pihak konsultan terkait Asian Games. Yang tersisa hanya 50-60 kamar lagi," tuturnya.

Selama Asian Games 2018, Hotel Batiqa mematok harga untuk kelas superior Rp1,3 juta, deluxe Rp1,5 juta, dan premiere deluxe Rp 1,7 juta atau sudah berlaku seperti sebelumnya.

Hanya saja, perbedaan terletak pada harga untuk kelompok harga khusus yakni kalangan perusahaan dan agen perjalanan. Jika sebelumnya terdapat potongan, maka selama periode Asian Games tidak diberlakukan lagi.

"Kami rasa, harga ini sudah sesuai untuk selama Asian Games," ucap Gabi.

Seperti halnya Hotel Wyndham, Hotel Batiqa yang berada di pusat Kota Palembang tepatnya di kawasan Seberang Ilir, juga menargetkan okupansi 100%.

"Memang saat ini masih ada 50-60 kamar, tapi kami yakin dalam 1-2 hari ke depan pasti sudah dipesan," katanya.

Kota Palembang menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia selain Jakarta. Meski hanya menggelar 13 cabang olahraga, tapi geliat ekonomi di bidang penginapan juga tak kalah dari Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper