Tujuh Destinasi Aceh Masuk Nominasi API Award 2018

Oleh: Abdul Hadi Firsawan 10 Juli 2018 | 07:03 WIB
Foto aerial pelabuhan Ulee Lheu di Banda Aceh, Aceh, Selasa (21/11)./ANTARA-Irwansyah Putra

Bisnis.com, BANDA ACEH – Sejumlah atraksi dan destinasi wisata di Provinsi Aceh masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2018. Hal ini dinilai berdampak positif pada promosi pariwisata di Aceh agar lebih dikenal wisatawan lokal dan luar negeri.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Amiruddin menyebutkan, ketujuh destinasi tersebut berada dibeberapa kabupaten seperti di Aceh Besar, Aceh Tengah, Gayo Lues, Banda Aceh, dan Aceh Tenggara. Menurut Amir, API 2018 menjadi momen yang bagus untuk promosi wisata Aceh.

"Tentunya kami sangat bersyukur, mengingat sejumlah objek dan tujuan wisata di provinsi Aceh semakin diminati oleh wisatawan. Kita sangat berharap masyarakat Aceh ikut mendukung dan mempromosikan tujuh nominasi ini," ujar Amiruddin di Banda Aceh, Senin (9/7/2018)

Tujuh atraksi dan destinasi dimaksud ialah Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, dataran tinggi di Aceh Tengah, Kupiah Meukeutop sebagai cindera mata terpopuler, Gampong Nusa sebagai tujuan wisata baru terpopuler, tari Saman Gayo sebagai atraksi wisata terpopuler, diving di Pulau Weh sebagai wisata air terpopuler, dan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai tempat ekowisata terpopuler.

Semua nominasi atraksi dan destinasi wisata di Aceh bisa divote melalui sms dengan format yang telah ditentukan panitia atau bisa juga melalui aplikasi APIaward - Anugerah Pesona Indonesia yang bisa diunduh di smartphone.

"Semua nominasi ini kita harap dapat mengambil juara, sehingga partisipasi masyarakat Aceh untuk API Award 2018 ini sangat diperlukan, baik lewat vote SMS dan juga vote melalui aplikasi," harap Amiruddin.

API Award merupakan ajang pariwisata terpopuler di Indonesia yang dihelat setiap tahun dengan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata RI. Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Melalui ajang apresiasi pariwisata ini, diperlukan peran serta masyarakat pada berbagai tingkatan untuk secara langsung bekerja bersama-sama memberikan apresiasi pada pariwisata.

Pada tahun 2017 lalu, hanya dua destinasi dan atraksi wisata dari Aceh yang masuk nominasi, yaitu pada kategori tempat berselancar terpopuler dan promosi pariwisata digital terpopuler.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya