Pemkab Pessel Gratiskan Listrik 1.000 Rumah Warga Miskin

Oleh: Heri Faisal 10 Juli 2018 | 18:10 WIB
Pemkab Pessel Gratiskan Listrik 1.000 Rumah Warga Miskin
Proyek Listrik Desa/Istimewa

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat memberikan listrik gratis untuk 1.000 rumah bagi warga miskin di daerah itu yang akan direalisasikan tahun depan.

Bupati Pessel Hendrajoni menyebutkan untuk meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah, pemda setempat memberikan bantuan listrik gratis untuk 1.000 unit rumah.

“Kami berikan listrik gratis untuk 1.000 rumah warga yang tergolong kurang mampu. Mulai 2019 direalisasikan,” katanya, Selasa (10/7/2018).

Dia menyebutkan masih banyak keluarga yang masuk kategori kurang mampu di kabupaten tersebut. Apalagi, Pessel termasuk kabupaten luas di Sumbar dengan 15 kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai 460.000 jiwa.

Menurutnya, bantuan listrik gratis itu sudah tertuang dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pessel 2019.

“Harapannya, dengan bantuan listrik gratis itu akan mampu meringankan beban dan menunjang kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Selain pemberian listrik gratis kepada warga miskin, Pemkab Pessel juga akan melakukan perbaikan kepada rumah warga yang tidak layak, serta program pembangunan pasar modern di seluruh kecamatan.

Hendrajoni juga mengungkapkan sejumlah pelayanan gratis kepada masyarakat setempat, termasuk pemberian bantuan ambulan gratis dan layanan kesehatan gratis bagi warga yang kurang mampu.

Dia menyebutkan pioritas pemerintahannya adalah mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Pesisir Selatan.

“Kami ingin pemerataan pembangunan memang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya