Air kelapa/mercola
Fashion

5 Cara Manfaatkan Kelapa untuk Perawatan Rambut

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Senin, 9 Juli 2018 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Rambut panjang dan sehat selalu menjadi impian bagi setiap perempuan yang menginginkannya. Namun, memanjangkan rambut selain tidak mudah juga membutuhkan perawatan yang ekstra.

Apalagi faktor-faktor tertentu seperti udara yang tidak sehat karena lingkungan yang tercemar dan gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor yang membuat rambut yang sudah terjaga dengan baik menjadi rusak.

Belum lagi, masalah rambut bercabang, patah dan rontok dapat memperlambat rambut untuk tumbuh panjang dan sehat. Lalu bagaimana solusinya untuk memanjangkan rambut sekaligus merawatnya? Air kelapa dapat menjadi solusi jitu untuk hal tersebut.

Dilansir dari boldsky.com, sifat menghidrasi dalam air kelapa akan membantu Anda untuk mencegah kerusakan rambut sehingga memudahkan Anda untuk merawatnya. Jika Anda menginginkan rambut bebas keriting, air kelapa adalah solusi terbaik. Air kelapa juga dapat membantu untuk membersihkan ketombe dari rambut dan menumbuhkan rambut. Mau tahu caranya?

1. Air Kelapa
Siapkan setengah gelas air kelapa. Pertama pijat kulit kepala Anda dengan air kelapa secukupnya dengan gerakan melingkar. Kedua, lanjutkan pijatan tersebut sekitar 5-10 menit. Ketiga, oleskan sisa air kelapa pada seluruh rambut Anda dari akar ke ujung rambut Anda.

Biarkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bilaslah dengan air biasa dengan menggunakan sampo. Anda dapat menggunakan obat ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Cuka Apel dan Air Kelapa
Kedua campuran bahan ini akan menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan dapat membantu untuk menghilangkan kotoran di kepala Anda yang dapat membuat kulit kepala Anda berminyak. Anda perlu menyiapkan satu sendok makan cuka apel, dan satu cangkir air kelapa.
Pertama, campurkan cuka apel dalam secangkir air kelapa. Kedua, cuci rambut Anda terlebih dahulu dengan sampo bebas sulfat.

Selanjutnya, oleskan campuran obat di rambut Anda dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan obat ini setidaknya sekali dalam seminggu.

3. Lemon dan Air Kelapa
Kaya Vitamin C, jus lemon membantu untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Siapkan 1 sendok makan Jus Lemon dan seperempat secangkir Air Kelapa.

Pertama, campur jus lemon dan air kelapa. Kedua tuangkan obat ini secukupnya ke kepala Anda dan pijat dengan gerakan memutar selama 5 menit. Setelah itu, sisa obat tuangkan ke seluruh rambut Anda dengan handuk hangat. Tunggu selama 15-20 menit dan bilas dengan sampo bebas sulfat. Gunakan obat ini sekali dalam seminggu.

4. Madu dan Air Kelapa
Madu memiliki sifatnya yang dapat menghidrasi dan membantu dalam menjaga kerusakan rambut. Anda perlu menyiapkan 1 sendok makan madu dan seperempat cangkir Air Kelapa. Pertama campurkan kedua bahan tersebut dengan rata.

Kedua, oleskan sebagian dari obat ini pada kulit kepala Anda dan pijat secara menyeluruh selama 5 menit. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut Anda dan tunggu selama 20 menit. Lalu, Anda dapat menutupi rambut Anda menggunakan handuk hangat dan kemudian mencucinya dengan air biasa. Ulangi untuk menggunakan obat ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Lidah Buaya dan Air Kelapa
Campuran obat ini akan membantu memperbaiki kondisi rambut yang rusak dan kusut. Ditambah jika rambut Anda menjadi lembut hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah. Anda perlu menyiapkan dua sendok teh gel lidah buaya, seperempat gelas air kelapa, dan dia sendok teh minya jojoba.
Pertama, masukkan bahan-bahan di atas ke dalam botol spray. Kedua, cuci rambut Anda dengan sampo dan gunakan kondisioner.

Ketiga, setelah mencucinya dan setengah mengkeringkannya, semprotkan campuran air kelapa ke rambut Anda. Sisa campuran dapat Anda simpan di dalam kulkas. Gunakan obat ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro