Kelapa Bengkulu Selatan Miliki Sejumlah Kelebihan Alami

Oleh: Newswire 06 Juli 2018 | 10:33 WIB

Bisnis.com, BENGKULU – Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, memiliki kekayaan sumber daya genetik berupa kelapa varietas lokal yang mampu memproduksi daging buah hingga dua ton per hektare dan kini potensinya terus dikembangkan.

Berdasarkan hasil pengkajian BPTP Balibangtan Provinsi Bengkulu, varietas kelapa Bengkulu Selatan memiliki potensi produksi sekitar 30 butir per pohon dengan berat buah mencapai 1,75 kilogram. Adapun hasil panennya dapat mencapai delapan kali per pohon dalam satu tahun.

Merujuk hasil penelitian itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip di Manna, Jumat (6/7/2018), mengatakan pihaknya akan mengembangkan potensi komoditas kelapa lokal guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Kami telah mengidentifikasi sumber daya genetik kelapa lokal dari sejumlah lokasi di Bengkulu Selatan. Langkah selanjutnya adalah pengkoleksian sumber bibit," katanya.

Catatan administratif menyebut, Kabupaten Bengkulu Selatan berada di sebelah barat Bukit Barisan dengan luas mencapai 1.186 kilometer persegi dan wilayah lautan seluas 384 kilometer persegi.

Topografi dataran rendah antara 0-100 meter di atas permukaan laut (mdpl) mencapai 50,93 persen dari total keseluruhan luas wilayah Bengkulu Selatan, sehingga berpotensi dalam pengembangan tanaman kelapa lokal tersebut.

"Kami telah menyusun program terkait pengembangan kelapa, di antarannya penyelamatan plasma nutfah dan introduksi kepada masyarakat," ujar Sukarni.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, apabila komoditas ini memiliki masa depan yang baik bagi sektor pertanian di Bengkulu Selatan, maka pihaknya akan memperbanyak populasi kelapa melalui program prioritas perluasan lahan dan area tanam.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya