Sebanyak 3.091 Siswa Lolos SBMPTN Unsri

Oleh: Dinda Wulandari 03 Juli 2018 | 20:35 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG — Sebanyak 3.091 siswa dinyatakan lulus masuk Universitas Sriwijaya dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2018 dari total 19.114 peminat yang mengikuti seleksi tersebut.

Ketua Panitia Daerah penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi Zulkifli Dahlan mengatakan, mahasiswa yang dinyatakan lulus itu terbagi dalam dua kelompok yakni kelompok beasiswa Bidikmisi sebanyak 576 orang dan kelompok non-Bidikmisi 2.515 orang.

"Pengumuman dapat diakses hari ini melalui website http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau mengakses di 12 website perguruan tinggi lainnya. Berdasarkan intruksi
Menristek sudah bisa diakses pengumumannya pada pukul 15.00 WIB hari ini," katanya saat konferensi pers, Selasa (3/7/2018).

Dia menjelaskan bagi peserta SBMPTN non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus diwajibkan melakukan registrasi (daftar ulang) secara online. Kemudian, melakukan pendaftaran ulang secara langsung pada 5 Juli--6 Juli di Kampus Unsri, Bukit Besar.

Dalam pendaftaran ulang tersebut akan dilakukan negosiasi penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

"Akan ada tim yang mewawancarai secara langsung mengenai besaran UKT yang tentunya disesuaikan dengan kondisi ekonomi masing-masing. Unsri juga sudah membuat pembagian grade dari 1-8 untuk besaran tertinggi yakni grade 8 akan diberikan jalur sendiri yakni tidak perlu mengantri," katanya.

Dia menambahkan bahwa negosiasi besaran UKT ini tidak akan mempengaruhi kelulusan peserta karena setelah didapatkan besarannya maka calon mahasiswa dipersilahkan untuk mentransfer ke sejumlah bank yang ditunjuk.

Setelah itu, calon mahasiswa akan melakukan registrasi di Kampus Unsri Indralaya pada 11-12 Juli yang sekaligus melakukan tes kesehatan (tes buta warna dan tes narkoba). Unsri juga akan menyampaikan dalam bentuk pengumuman ke media mengenai perlengkapan yang harus dibawa calon mahasiswa dalam registrasi ini.

Khusus untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur beasiswa Bidikmisi, Zulkifli mengatakan tidak perlu melakukan wawancara penentuan UKT.

"Bagi siswa yang menerima beasiswa tinggal menunggu kunjungan visitasi dari Unsri saja dari 5-15 Juli untuk memastikan kesesuaian data yang diisikan secara online dengan kenyataan di lapangan. Jika sesuai, dalam arti memang mahasiswa kurang mampu akan diumumkan kelulusannya pada 18 Juli," kata dia.

Setelah tahapan ini selesai, Unsri akan melakukan registrasi serentak pada 30 Juli 2018 untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Diketahui, Unsri membuat kuota penerimaan mahasiswa baru dengan memberikan persentase 30% untuk SNMPTN, 40% untuk SBMPTN dan 30% untuk USM.

 

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya