PLTS 2 MW Resmi Beroperasi di Jakabaring Sport City

Oleh: Dinda Wulandari 02 Juli 2018 | 15:55 WIB
Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat meninjau PLTS berkapasitas 2 MW di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu (30/6)./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS berkapasitas 2 Megawatt (MW) yang berlokasi di kawasan Jakabaring Sport City, Sumatra Selatan resmi beroperasi untuk mendukung Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di kawasan tersebut.

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengatakan pembangunan PLTS berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) itu sebagai bentuk komitmen dalam mendukung konsep green sport city di Jakabaring Sport City (JSC).

“JSC memang telah dicanangkan sebagai green sport city. Pembangkit energi matahari ini menjadi salah satu bentuknya sekaligus untuk menyambut Asian Games 2018,” tuturnya saat peresmian PLTS, akhir pekan lalu.

Alex meyakini pembangkit yang mengandalkan matahari tersebut nantinya akan menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Terlebih, dia mengklaim, PLTS ini merupakan pertama di Sumatra dan yang terandal di Indonesia.

“Satu hal yang luar biasa, 172.000 liter BBM dihemat dan diganti dengan matahari yang gratis itu luar biasa,” tambah Alex.

Untuk membangun pembangkit tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menunjuk BUMD yakni Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) yang bekerja sama dengan Sharp Corporation Jepang, sebagai penyedia teknologi di bawah skema karbon kredit, yakni Joint Crediting Mechanism (JCM).

PLTS 2 MW Jakabaring mendapat subsidi berupa CO2 credit dari Pemerintah Jepang maksimum 50% untuk pengembangan biaya engineeringprocurement, dan construction (EPC) dengan pengembalian emisi gas karbon yang dihasilkan PLTS kepada Pemerintah Jepang selama 17 tahun. 

PLTS 2 MW Jakabaring dibangun dengan skema Independent Power Producer (IPP) dengan PT PLN (Persero) lewat kontrak Power Purchase Agreement (PPA) selama 20 tahun.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya