Pemprov Sumbar Klaim Pilkada di 4 Kota Berjalan Lancar

Oleh: Heri Faisal 27 Juni 2018 | 21:04 WIB

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengklaim pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di empat kota di daerah itu berjalan baik dan lancar.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang memantau pelaksanaan Pilkada di beberapa daerah menyebutkan proses demokrasi di empat kota di Sumbar dalam Pilkada 2018 yakni Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, dan Kota Sawahlunto berjalan lancar.

“Dari pantauan kami di lapangan, dan laporan dari petugas, Pilkada 2018 di Sumbar berlangsung lancar dan aman terkendali,” katanya, Rabu (27/6/2018).

Dia menyebutkan kendala yang muncul hanya kendala teknis di beberapa TPS di Kota Sawahlunto yang dipindahkan karena hujan lebat mengguyur daerah itu sejak Selasa malam.

Proses pemindahan TPS dikawal pihak keamanan, KPU dan Panitia Pengawas Pemilu setempat. Proses itu, imbuhnya, juga berjalan lancar.

Menurutnya, masyarakat juga sudah semakin dewasa dalam berpolitik, sehingga tidak mudah diarahkan dan dipecah belah oleh oknum tertentu yang berujung pada kerusuhan.

Meski mengklaim Pilkada berjalan lancar, Nasrul juga meminta peserta Pilkada 2018 bersikap fair, bahwa kalah atau menang harus bisa menerima dengan lapang dada oleh semua pihak.

“Pasangan, baik yang menang dan yang kalah harus memberikan teladan kepada masyarakat agar tidak terjadi perpecahan,” ujarnya.

Dia mengingatkan jika ada salah satu pihak yang merasa dirugikan, ada mekanisme hukum yang bisa ditempuh.

“Jadi, mari ciptakan rasa aman, damai dan nyaman baik dalam masa pilkada maupun pasca pemungutan suara,” katanya.

Adapun, empat kota yang mengikuti Pilkada 2018 di Sumbar yakni Kota Padang dengan dua pasangan calon yaitu Emzalmi – Desri Ayunda dan Mahyeldi – Hendri Septa.

Kemudian di Kota Pariaman diikuti tiga pasangan calon, yaitu Genius Umar – Mardison Mahyuddin, Mahyuddin – M Ridwan, dan Dewi Fitri – Pabrisal.

Lalu, di Kota Padang Panjang diikuti empat pasangan calon, yakni Hendri Arnis – Eko Furqani, Mawardi – Taufik Idris, Rafdi Meri – Ahmad Fadly, dan Fadly Amran – Asrul.

Terakhir, di Kota Sawahlunto yang diikuti tiga calon yaitu Ali Yusuf – Ismed, Deri Asta – Zohirin Sayuti, dan Fauzi Hasan – Dasrial Ery.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya