Di Jambi, Harga Seledri Sempat Tembus Rp100.000 Per Kilogram

Oleh: Newswire 18 Juni 2018 | 09:25 WIB
Ilustrasi: Konsumen memilih sayuran segar di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/6/2015)./JIBI-Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAMBI — Harga daun seledri dan daun bawang yang dijual pedagang di Pasar Induk Tradisonal Angso Duo, Jambi sempat mencapai Rp100.000 per kilogram karena pasokan yang kurang, sedangkan permintaannya meningkat selama Lebaran.

Meri, (35) pedagang di Pasharga sayur-mayur yang dijual para pedagang hanya daun seledri dan daun bawang yang tinggi. Harga jenis bumbu dapur lainnya masih stabil seperti sebelumnya.

Naiknya harga jual daun seledri dan daun bawang dikarenakan pada saat berlebaran biasanya masyarakat banyak yang memasak sup, sedangkan pasokan sangat terbatas atau sedikit dari petani sehingga para agen menjualnya dengan harga tinggi.

Untuk permintaan daun seledri dan daun bawang memang selama Lebaran seperti biasanya harga naik dibandingkan dengan harga sayur sayuran lainnya.

"Biasanya masyarakat pada saat berlebaran ingin memasak masakan yang segar seperti sup daging sehingga harga daun sup [seledri] dan daun bawang yang pasokan berkurang dan stok terbatas, dijual pedagang dengan harga yang tinggi," kata Meri, Senin (18/6/2018).

Tidak disebutkan berapa harga kedua bumbu dapur pada hari biasa.

Untuk hari ini, harganya mulai turun, tetapi masih di atas normal. Kini pada har keempat Lebaran (H-4) dijual pedagang seharga Rp80.000 kilogram.

Harga cabai merah dan bawang merah cukup stabil dijual pedagang Rp32.000 hingga Rp35.000 per kilogram, daging ayam Rp29.000 hingga Rp30.000 per kilogram, ikan laut dijual Rp28.000 per kilogram.

Sumber: Antara

Editor: Zufrizal

Berita Terkini Lainnya