Lebaran, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,3%

Dhiany Nadya Utami
Senin, 18 Juni 2018 | 09:56 WIB
Telkomsel/Istimewa
Telkomsel/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data atau payload tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3% jika dibandingkan dengan rata-rata penggunaan pada hari normal.

Berdasarkan data Telkomsel, jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2017, trafik layanan data tahun ini mengalami kenaikan sekitar 109%.

Adapun, wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara menjadi wilayah dengan peningkatan penggunaan layanan data tertinggi hingga 40,5% dibandingkan hari normal. Begitu pula secara volume, trafik layanan data yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut merupakan yang tertinggi secara nasional menembus angka3,77 Petabyte.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan 3,06 juta pelanggan, Jawa Barat (1,72 juta pelanggan), dan Jawa Timur (1,32 juta pelanggan).

Jika trafik layanan data naik cukup signifikan, trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini sebaliknya. Trafik layanan suara tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8% dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1% ketimbang hari normal.

Kendati demikian sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82%, 99,83%, dan 98,46% yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan pihaknya bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran.

“Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper