Antisipasi Arus Balik, Jalur Jakarta - Semarang Ditambah 24 Rest Area

Oleh: Rio Sandy Pradana 14 Juni 2018 | 16:02 WIB
Antisipasi Arus Balik, Jalur Jakarta - Semarang Ditambah 24 Rest Area
Mobil pemudik parkir di rest area tol fungsional, Penarukan, Tegal, Sabtu (9/6/2018). (Antara - Oky Lukmansyah)

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mempersiapkan sebanyak 24 tempat peristirahatan (rest area) pada jalur mudik Semarang – Jakarta untuk memfasilitasi para pemudik dalam arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jalur mudik tersebut memang masih diperlukan rest area tambahan.

“Jadi ada sebanyak 12 rest area dari Semarang sampai Cikampek dan 12 lagi dari Cikampek sampai dengan Jakarta,” kata Budi dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Menghadapi Arus Balik Lebaran 2018, Kamis (14/6/2018).

Dalam rapat koordinasi juga diputuskan untuk melakukan kampanye kuliner, dengan cara mempromosikan makanan atau oleh-oleh khas masing-masing daerah pada kota-kota di sepanjang jalur mudik. Hal ini ditujukan agar pemudik tertarik dan menjadikan tempat makan atau tempat penjualan oleh-oleh menjadi tempat beristirahat mereka.

Pihaknya akan mempromosikan kota-kota di sepanjang itu sebagai tempat rest area. Tempat jual beli oleh-oleh dan tempat makan yaitu ada beberapa kota di antaranya kota Batang, Tegal, dan Brebes.

Pada perkiraan puncak arus balik yang diprediksi akan jatuh pada 19--20 Juni mendatang, Budi mengimbau kepada stakeholder agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur tol, baik ruas tol operasional maupun ruas tol fungsional pada tanggal tersebut. “Nanti akan dibuat surat edaran oleh Dirjen Darat kepada para stakeholder,” ujarnya.

Editor: Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkini Lainnya