Mudik Jakarta-Bengkulu 12 Jam, Bonus Pemandangan Indah

Oleh: Maria Yuliana Benyamin 14 Juni 2018 | 18:09 WIB
Mudik Jakarta-Bengkulu 12 Jam, Bonus Pemandangan Indah
Jalan tol ruas Bakauheni - Terbanggi Besar di Lampung./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Mudik kali ini terasa sangat berbeda dan spesial bagi Dian Rufal, Communication Specialist Corporate Secretary Division PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Dian yang mudik ke Bengkulu memilih untuk menjajal jalur darat dari Jakarta menuju Bengkulu melewati Tol Bakauheni  

Diakui Dian, ini pengalaman pertama baginya menjajal tol tersebut.

“Lumayan banget bisa cut off waktu 2 jam. Dari Bakauheuni ke Lampung normalnya 3 hingga 4 jam. Ada tol ini, cuma 2 jam saja sudah bisa masuk Lampung,” tutur Dian kepada Bisnis, Kamis (14/6/2018).

Bahkan, menurut Dia, waktu 2 jam itu bisa lebih cepat. “[2 jam] Itu sudah pakai acara berhenti salat dan istirahat lurusin kaki.”

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Dian menghitung waktu tempuh perjalanan tahun ini dari Jakarta ke Bengkulu dengan jalur darat hanya sekitar 12 jam saja.

Tahun-tahun sebelumnya, waktu tempuh perjalanan bahkan bisa lebih dari 20-an jam. Belum lagi jika antrean di Pelabuhan Merak mengular.

Tahun ini, pemerintah menetapkan masa cuti bersama yang lebih panjang menjadi 10 hari. Alhasil, masyarakat pun memiliki alternatif untuk memilih tanggal mudik ke kampung halaman. Ada yang sudah melakukan mudik sejak hari pertama cuti bersama, tetapi ada juga yang memilih mudik mendekati hari H.

Mereka yang telah melakukan mudik sejak hari pertama umumnya terbebas dari kemacetan. Lain halnya dengan yang tidak. Mereka masih harus menghadapi kemacetan panjang di titik-titik tertentu.

Kendati demikian, setidaknya kepadatan di jalanan tidak bertumpu pada waktu yang bersamaan.

Mudik yang relatif aman dan cepat bagi sebagian orang pada tahun ini juga turut didukung oleh ketersediaan jalur alternatif yang bisa ditempuh, termasuk jalur tol.

“Jalur lintas Sumatra mulus banget, enggak ada lubang yang berarti jadi bisa lebih cepat sampai,” tutur Dian.

Bahkan, bagi Dian, ada bonus lain yang bisa diperoleh dalam ritual mudik tahun ini. “Pemandangan di sepanjang Tol Bakauheni keren banget…”  

Editor: Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkini Lainnya