MUDIK LEBARAN 2018: Bekasi-Pemalang Cuma 3 Jam, Netizen Asal Bekasi Puji Jokowi

Oleh: Newswire 14 Juni 2018 | 23:34 WIB
MUDIK LEBARAN 2018: Bekasi-Pemalang Cuma 3 Jam, Netizen Asal Bekasi Puji Jokowi
Kendaraan pemudik melintas di jalan tol fungsional Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (8/6/2018)./ANTARA-Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA -- Seorang netizen asal Kota Bekasi, Jawa Barat, mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo beserta jajarannya dalam mewujudkan jalur jalan tol fungsional Pejagan-Pemalang karena mampu memangkas waktu perjalanan hingga dua jam, Kamis (14/6/2018).

"Perjalanan saya dari Kota Bekasi menuju Pemalang hanya butuh waktu 3 jam dari biasanya 5-6 jam. Pemerintah rupanya sudah banyak mengambil pelajaran dari insiden brexit tahun lalu," kata salah satu pemudik, Denny Bratha Effendi (41) yang dihubungi Antara di Bekasi, Kamis malam.

Bratha memulai perjalanan dari rumahnya di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi pada pukul 12.00 WIB dan tiba di Pemalang, Jawa Tengah pada pukul 15.00 WIB.

Menurut pekerja swasta di Jakarta itu, laju kendaraan selama mudik nyaris tidak menjumpai kemacetan arus lalui lintas berkat pemilihan waktu perjalanan saat situasi volume mudik mulai menurun pada hari ini.

"Saya mantau peta digital sebelum berangkat, dan di sana estimasi waktunya hanya sekitar tiga jam, dan benar saya sampai tepat waktu sesuai prediksi," katanya.

Selama menempuh perjalanan, dirinya merasakan kontur badan jalan tol mulai dari Jakarta-Cikampek, Cipali dan tol fungsional Pejagan-Batang nyaris tanpa gelombang dan lubang.

Namun situasi yang perlu dikritiknya adalah kesiapan sarana pendukung berupa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang masih sangat minim di kawasn tol fungsional.

Di sekitar pintu masuk tol fungsional, kendaraan agak antre panjang karena SPBU di sana masih darurat berupa truk tanki, katanya.

Selain itu, fasilitas mesin ATM untuk keperluan pengambilan uang tunai juga belum tersedia di lokasi tersebut.

Waktu tempuh Kota Bekasi-Pemalang selama tiga jam ditempuh dirinya secara nonstop dengan rata-rata kecepatan 100-120 kilometer per jam.

Atas kepuasannya melintasi Tol Fungsional Pejagan-Pemalang itu, pemilik akun Instagram denny_bratha itu memutuskan untuk memvisualisasikan apresiasinya kepada Presiden Joko Widodo dengan memviralkan video berdurasi sekitar 1 menit di Media Sosial bertajuk #terimakasihjokowi.

"Seumur-umur mudik 3 jam Bekasi-Pemalang. Terima kasih Jokowi. Dua periode," katanya dalam tayangan video Instagram.

Panjang Jalan Tol Pejagan-Pemalang sekitar 37 kilometer dan diharapkan mampu mengurai pemudik dari arah Tegal menuju Brebes. Beban kendaraan keluar di pintu tol Brebes Timur (Brexit) juga diharapkan berkurang dengan infrastruktur baru tersebut.

Sumber : Antara

Editor: Maftuh Ihsan

Berita Terkini Lainnya