Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Traffic Diprediksi Naik 6 Kali Lipat, Ini Persiapan Smartfren Sumbagut

PT Smartfren Telecom mengantisipasi peningkatan traffic data selama libur Lebaran 2018 yang diperkirakan akan mencapai 6 kali lipat dari penggunaan normal.
Smartfren 4G/Ilustrasi
Smartfren 4G/Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN— PT Smartfren Telecom mengantisipasi peningkatan traffic data selama libur Lebaran 2018 yang diperkirakan akan mencapai 6 kali lipat dari penggunaan normal.

Regional Head North Sumatra Smartfren Telecom Jefry Batubara menyebutkan lonjakan traffic data biasanya akan mulai terlihat pada H-10 Lebaran.

That’s why kita luncurkan produk ini [4G Unlimited senilai Rp60.000] untuk mengakomodir permintaan pelanggan juga sebenarnya,” katanya, Senin (4/6/2018).

Selain meluncurkan produk terbaru, pihaknya juga melakukan persiapan dari sisi jaringan guna mengantisipasi potensi lonjakan traffic data. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk Lebaran tahun ini, pihaknya menyediakan kapasitas hingga 7 kali lipat dari kapasitas rata-rata harian. Kendati menurutnya, lonjakan traffic tidak akan sampai sebesar itu. Lonjakan tertinggi diperkirakan akan terjadi pada H-7, sebesar 3 hingga 5 kali lipat.

Tak hanya di kota Medan, persiapan jaringan pun dilakukan hingga ke daerah-daerah di sekitar termasuk ke Kabupaten di Tapanuli

“Biasanya kita siapkan kapasitas sampai 7 kali lipat walaupun terpakai rata-rata 5 kali lipat. Kemungkinan besar di tahun ini pun mirip-mirip. Jadi, kita siapkan 7 kali lipat. Misalnya, bandwidth yang dibutuhkan 10 kita siapkan sampai 70,” jelasnya.

Di samping itu, Smartfren juga akan menyediakan mobile BTS (base transceiver station) khusus untuk daerah dengan super high traffic seperti Siantar, Bukit Tinggi, Riau, dan Batam.

“Kebetulan Sumatra Bagian Utara yang under kita ini ada lima provinsi. Jadi, di setiap provinsi kita siapkan ada 2 sampai dengan 6 titik per provinsi, tapi memang kita khususkan untuk yang super high traffic,” jelasnya.

Adapun untuk penggunaan layanan suara dan layanan pesan singkat, menurutnya tidak akan mengalami peningkatan yang berarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper