Trafik Data di Sumbar, Telkomsel Prioritaskan Daerah Wisata

Oleh: Heri Faisal 01 Juni 2018 | 17:02 WIB
Ilustrasi/Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, PADANG—PT Telkomsel Tbk., memprioritaskan stabilitas layanan data di sejumlah objek wisata Sumatra Barat sepanjang libur Leberan tahun ini, mengingat lonjakan trafik data bakal meningkat signifikan.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan pihaknya melakukan antisipasi peningkatan trafik data selama masa libur Lebaran, dan memastikan stabilitas layanan data terjaga dengan baik.

“Biasanya terjadi lonjakan trafik data karena ramai di tempat – tempat wisata. Kami antisipasi dengan meningkatkan seluruh elemen jaringan yang ada,” katanya usai meresmikan Telkomsel Smart Office di Padang, Kamis (31/5/2018).

Menurutnya, salah satu upaya antisipasi peningkatan trafik data, pihaknya akan menambah base transceiver station (BTS) di sejumlah destinasi wisata untuk menjamin kelancaran layanan data.

Dia mengatakan unsur layanan data yang stabil di objek wisata juga menjadi kepuasan tersendiri bagi wisatawan saat menikmati berwisata di suatu daerah.

Ririek mengungkapkan beberapa objek wisata di Sumbar yang bakal menjadi perhatian Telkomsel adalah di kawasan Jam Gadang Kota Bukittinggi, Pantai Carocok Pesisir Selatan, Pantai Gandoriah Padang Pariaman, Air Terjun Lembah Anai, Istana Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato, dan Taman Kota Solok.

Penggunaan trafik data di Sumbar selama Ramadan dan Lebaran diperkirakan meningkat hingga 45% dibandingkan hari normal. Angka itu di atas angka nasional yang lonjakannya diperkirakan hanya 40%.

Dia menuturkan tinggikan lonjakan penggunaan data itu dipicu aktivitas masyarakat yang sering mengunggah foto, video, dan aktivitas lainnya di media sosial serta aplikasi pesan instan.

“Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses informasi kuliner, penginapan, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti musik, video, dan game,” katanya.

Selain antisipasi lonjakan data di objek wisata, Telkomsel juga memprioritaskan peningkatan layanan di jalur mudik. Untuk Sumbar difokuskan pada tiga jalur yaitu jalur Padang – Rao menuju Sumatra Utara, lalu jalur Padang – Sungai Rumbai ke Jambi, dan jalur Padang – Pekanbaru, Riau.

Secara keseluruhan, Telkomsel mengklaim membangun 12.000 BTS multi-band long term evolution (LTE) di seluruh Indonesia guna menghadirkan layanan data berkulitas. Dan juga menyediakn posko layanan di 772 titik jalur mudik dan lokasi wisata.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya