1.053 Calon Haji di Riau Lunasi BPIH

Oleh: Newswire 31 Mei 2018 | 15:06 WIB
1.053 Calon Haji di Riau Lunasi BPIH
Ibadah haji/Reuters-Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, PEKANBARU - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Pekanbaru mencatat total jemaah calon haji 2018 yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) untuk tahap satu dan dua sebanyak 1.053 orang.

"Sampai batas waktu pelunasan masih banyak yang belum melengkapi biaya pemberangkatan tersebut," ucap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru Defizon, Kamis (31/5/2018).

Defizon menjelaskan JCH yang telah membayar terdiri atas 942 orang untuk tahap satu dan 65 orang untuk tahap dua dan sisanya diisi oleh cadangan. Untuk tahap satu masih terdapat 121 jamaah yang masih belum melunasi biaya pemberangkatan tersebut, sedangkan untuk tahap kedua masih terdapat 13 jamaah.

Hal ini dikatakan Defizon kemudian bahwa ratusan jamaah tersebut terpaksa diberikan sanksi berupa penundaan keberangkatan untuk tahun depan.

Lebih jauh Defizon menjelaskan bahwa untuk pembayaran biaya tersebut bagi tahap satu ialah pada kurun waktu 16 April hingga 4 Mei 2018.

Dia mengemukakan jadwal tersebut berdasarkan edaran dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk tahap keduanya ialah pada 16 Mei 2018 hingga 25 Mei 2018.

Kendati demikian, ia cukup menyayangkan bahwa masih terdapat jamaah yang masih belum melunasi biaya tersebut mengingat ribuan orang lainnya bahkan telah mengantre untuk dapat diberangkatkan sejak beberapa tahun lalu.

"Kan sayang juga, sudah susah-susah untuk bisa mendaftar, tau-tau terpaksa ditunda keberangkatannya akibat belum melunasi biaya," imbuhnya.

Selain itu, masih terdapat 44 orang jamaah cadangan yang juga telah melunasi biaya pemberangkatan tersebut dan 12 di antaranya dinyatakan positif berangkat di 2018.

Sebagai informasi, biaya pemberangkatan yang harus dilunasi para calon jamaah haji tersebut yaitu sebesar Rp32.456.450.

Defizon menambahkan jumlah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Agama. Dengan rincian pembiayaan komponen penerbangan, pemondokan di Mekkah, serta berbagai biaya yang diperlukan nantinya sebagai penunjang ibadah para jamaah.

Rencananya kloter pertama Provinsi Riau yaitunya Kota Pekanbaru akan diberangkatkan pada 18 Juli. Dalam pemberangkatan tersebut terdapat 60 orang jamaah yang merupakan mutasi dari daerah lain ke Pekanbaru.

Defizon menjelaskan hal itu lantaran berbagai penyebab seperti pemilihan lokasi yang dekat dengan keluarga yang kebetulan juga berangkat pada periode yang sama.

Selain itu, alasan pindah lokasi kerja sehingga mengharuskan calon jamaah haji tersebut untuk memindahkan lokasi keberangkatannya.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya