Empat Helikopter Perkuat Satgas Karlahut Riau

Oleh: Arif Gunawan 27 Mei 2018 | 15:47 WIB
Empat Helikopter Perkuat Satgas Karlahut Riau
Ilustrasi: Helikopter MI-17 milik BNPB melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut dari udara (water bombing) di Desa Lebak Deling, Pangkalan Lampam, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, Kamis (3/8)./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau menyatakan saat ini ada empat unit helikopter yang bersiaga untuk menjaga wilayah Riau dan sekitarnya dari risiko kebakaran lahan dan hutan, karlahut.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger menyebut empat unit helikopter itu terdiri dari dua jenis, yaitu camov dan bell.

"Ada empat unit helikopter yang saat ini siaga di satgas karlahut Riau, dua dari BNPB dan dua dari dunia usaha," katanya akhir pekan lalu.

Edwar menyebut helikopter itu memiliki dua tugas yaitu untuk patroli di wilayah rawan karlahut, dan ada juga yang untuk tindakan pemadaman dengan cara bom air (water bombing).

Khusus untuk menghadapi Lebaran nanti, pihaknya meminta ada pengaturan jadwal dari petugas dan kru terbang helikopter, supaya langkah pengawasan tetap dalam kondisi maksimal.

"Kalau bisa jangan sampai off lah di libur Lebaran itu, kalau memang off pun ya waktu salat ied saja, habis itu siangnya siaga lagi," katanya.

Adapun saat ini Riau masih berstatus siaga darurat karlahut sampai 31 Mei 2018. Rencananya pemda akan memperpanjang status tersebut hingga akhir November mendatang.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya