Penghargaan Orchard Park Dongkrak Citra Properti Batam

Oleh: Sarma Haratua 26 Mei 2018 | 17:00 WIB
Penghargaan Orchard Park Dongkrak Citra Properti Batam
GM Marketing Orchard Park Tedi Guswana memegang silver winner FIABCI Aaward 2018/Istimewa

Bisnis.com, BATAM – Penghargaan World Silver Winner untuk kategori masterplan pada ajang FIABCI d’Prix d Excellence Award 2018 yang diterima Orchard Park turut menggerek citra industri properti di Batam.

“Ini menjadi bukti bawah Properti di Batam sudah mendapat perhatian dunia,” ujar Ketua DPD REI Khusus Batam Achyar Arfan.

World Silver Winner FIABCI 2018 yang diterima Orchard Park merupakans atu-satunya pernghargaan bergengsi yang mampu ditorehkan Indonesia di tingkat internasional.

Orchard park mampu menggeser kompetitior dalam negeri dan luar negeri, sehingga menorehkan prestasi bergengsu untuk properti Batam.

“Bukan hanya untuk Batam, ini juga jadi yang pertama untuk Indonesia. Ini membuka peluang bagi tumbuhnya perekonomian dari sektor properti di daerah,” ujarnya.

Dia memprediksi, kedepan properti di Batam akan mulai jadi perhatian pasar global. Untuk mengantisipasi hal tersebut, achyar berharap pemerintah daerah dan pemegang otoritas mulai mempersiapkan diri.

“Pengambil keputusan harus mulai mengaplikasikan struktur perizinan yang bisa memicu pertumbuhan sektor properti di batam,” ujarnya.

Penghargaan ini sekaligus mengkonfirmasi upaya BP Batam meningkatkan investasi di sektor properti. dalam beberapa kesempatan, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menegaskan komitmennya mendorong kemudahan kepemilikan properti oleh WNA.

“BP Batam akan menjadi penjamin bagi WNA yang ingin memiliki properti,” ujar Lukita beberapa waktu silam.

BP Batam sedang berupaya mendorng agar WNA dapat membeli properti di batam hanya berbekal Visa Long Stay atau Kart Izin Tinggal Sementara (KITAS). Dengand emikian WNA tak perlu lagi meunjukan surat jaminan dari pemberi kerja.

“Kami bisa melakukan karena sekarang Lahan di Batam adalah tanggunhawab BP Batam,” jelasnya.

GM Marketing Orchard Park Tedi Guswana mengaku bangga ampu meberikan prestasi abgi dunia properti di Batam. Kawasan prestisius yang dikembangkan oleh Agung Podomoso Land (APLN) ini menarik perhatian dunia karena masterplan yang mampu mengubah kawasn tandus menjadi hijau.

Orchard Park mendedikasikan 40 persen dari 42 hektar lahannya untuk kawasan hijau. Pembanguna Orchard Park juga dinilai mampu mempengaruhi kawasan di sekitarnya.

Pembangunan yang dilakukan memicu pertumbuhan ekonomi di kawasn sekitarnya. Setelah pembanguna Orchard Park, pembangunan kawasan di sekitarnya mulai tumbuh.

Dulu kawasan ini hanya tanah merah yang kosong. Sekarang sudah mulai ada pembangunan ruko, rumah, kemudian jalan juga akan dilebarkan menjadi dua jalur dan empat lajur. Orchard Park juga dinilai mampu menciptakan lapangan kerja bagi penduduk Batam.

“Pengelolaan limbah dan lain sebagainya jgua sudah memenuhi standar internasional,” jelasnya

Salah satu komponen penilaian yang paling mengejudkan menurutnya adalah, Orchard Park dianggap mampu membuat penghuninya hidup bahagia. Kawasan ini menerapkan one gate cluster. Sehingga anak-anak penghuni bisa bermain dengan bebas tanpa harus takut terjadi kecelakaan.

Tersedia juga lahan hijau yang bisa digunakan untuk tempat bermain anak. Sementara di belakang hunian masih ada kelebihan lahan hijau untuk penghuni bercocok tanam.

“Ini dianggap oleh FIABCI membuat kebahagiaan bagi penghuni. Point ini tak kami perhitungkan, tapi jadi penilaian terkuat yang mendorong kami mendapat silver winner,” jelasnya.

Ini kabar gembira untuk Batam. Properti di Batam telah mampu bersaing hingga ke pasar global. Karena itu, sebelum pasar global dibuka lebih luas, warga Batam juga harus mendapat properti berkelas di Batam.

“Kami bangga bisa menyumbang prestasi bagi Batam dan Kepri,” jelasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya