Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unand Ajukan Bantuan 5 Unit Bus Kampus

Universitas Andalas (Unand) mengajukan tambahan lima unit bus kampus kepada pemerintah guna meningkatkan akses transportasi menuju kampus dan mendukung kegiatan perkuliahan.
Universitas Andalas/pmb.unand.ac.id
Universitas Andalas/pmb.unand.ac.id

Bisnis.com, PADANG—Universitas Andalas (Unand) mengajukan tambahan lima unit bus kampus kepada pemerintah guna meningkatkan akses transportasi menuju kampus dan mendukung kegiatan perkuliahan.

Rektor Unand Tafdil Husni menyebutkan pihaknya sudah mengajukan tambahan bantuan lima unit bus kampus, untuk memenuhi kebutuhan operasional di perguruan tinggi negeri tersebut.

“Kami sudah ajukan tambahan bantuan lima unit bus kampus. Tetapi tahun ini dibantu dua unit, ya alhamdulillah. Semoga, tahun berikutnya ditambah lagi,” katanya, Rabu (23/5/2018).

Dia mengatakan Unand membutuhkan 34 unit bus kampus untuk menjamin akses transportasi di lingkungan kampus berjalan dengan baik.

Apalagi, kampus tertua di luar Pulau Jawa itu tidak memiliki transportasi missal menuju kampus, sehingga untuk akses mahasiswa betul-betul mengandalkan bus kampus.

Tafdil menuturkan jumlah bus kampus milik Unand sebetulnya sudah 34 unit, namun sebagian besar sudah berusia tua dan perlu diremajakan.

“Makanya kami minta bantuan pusat, supaya bus – bus yang sudah tua itu diremajakan lagi,” katanya.

Adapun, Kementerian Perhubungan memberikan bantuan sebanyak dua unit bus kampus untuk Unand dan dua unit lainnya untuk Universitas Bung Hatta (UBH).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dua perguruan tinggi negeri dan swasta itu mendapatkan bantuan bus kampus masing – masing sebanyak dua unit.

“Kampus-kampus ini punya kegiatan dan kebutuhan, transportasi menuju kampus kan tidak ada, jadi kami bantu, supaya memudahkan transportasi di kampus,” katanya di Padang, Senin (21/5/2018) lalu.

Dia mengatakan bantuan itu diberikan untuk mendukung kegiatan transportasi di kampus.

Apalagi, misalnya, Unand tidak memiliki jalur transportasi umum, sehingga kehadiran bus kampus sangat dibutuhkan untuk menunjang transportasi.

Total, imbuhnya, kementerian memberikan bantuan 280 unit bus kampus kepada perguruan tinggi di seluruh Tanah Air.  

Menurutnya, kementerian akan memberikan bantuan bus secara bertahap setiap tahunnya kepada perguruan tinggi se Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper