Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Lebaran, BI Riau Siapkan Rp4,7 Triliun

Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan serta menyambut Lebaran tahun ini, Bank Indonesia kantor perwakilan Riau menyiapkan dana senilai Rp4,7 triliun.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan serta menyambut Lebaran tahun ini, Bank Indonesia kantor perwakilan Riau menyiapkan dana senilai Rp4,7 triliun.

Kepala BI Riau Siti Astiyah mengatakan dana yang disiapkan itu untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat selama libur Lebaran tahun ini yang lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk Lebaran tahun ini yang liburnya sekitar 12 hari, kami sudah siapkan dana Rp4,7 triliun, ini naik dari tahun lalu yang sekitar Rp4,2 triliun," katanya Selasa (22/5/2018).

Siti menyebutkan untuk distribusi dana itu, pihaknya bekerja sama dengan 30 bank umum dengan layanan penukaran uang pecahan kecil.

Selain dengan bank umum, BI juga membuka stand penukaran untuk masyarakat Pekanbaru. Lokasinya yaitu di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah Pekanbaru.

Rencananya stand penukaran ini dibuka oleh BI pada 30-31 Mei, dan 4-6 Juni atau total selama lima hari kerja. Layanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB.

"Kami membuka layanan penukarang uang pecahan kecil ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, jadi nanti bisa menukarkan pecahan mulai Rp1.000 sampai Rp20.000," katanya.

Menyikapi adanya pihaknya yang menawarkan jasa penukaran uang di tepi jalan umum atau di lokasi keramaian lainnya, Bank Indonesia mengimbau agar masyarakat hanya menukarkan uang ke loket resmi BI maupun bank umum.

Hal itu disampaikan oleh bank sentral mengingat tidak adanya jaminan keaslian uang dan juga jumlah nominal yang diberikan oleh jasa penukaran uang tersebut.

"Untuk penukaran uang di luar stand BI dan bank umum oleh masyarakat, tidak kami sarankan karena tidak dijamin oleh BI," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper