Geopark Belitung Ingin Diakui Dunia

Oleh: Newswire 15 Mei 2018 | 10:37 WIB
Geopark Belitung Ingin Diakui Dunia
Geopark Belitung Timur/Istimewa

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan taman bumi (geopark) di Pulau Belitung berkelas dunia, melalui percepatan pembangunan sarana dan prasarana di kawasan itu.

"Saya ingin 'geopark' di Pulau Belitung menjadi berkelas dunia," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di Pangkalpinang, Selasa (15/5/2018).

Untuk itu, ia meminta Badan Pengelola Geopark Belitung dan Belitung Timur segera menyusun daftar kebutuhan yang menjadi skala prioritas, agar pemerintah provinsi dapat memfasilitasi menyelesaikan masalah percepatan pembangunan sarana dan prasarana di pulau tersebut.

"Langkah ini merupakan bentuk rencana aksi yang harus dilakukan secara bersama-sama dalam rangka menuju 'geopark' kelas dunia," ujarnya

Abdul mengapresiasi semangat dan keseriusan Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark beserta tim yang tergabung dalam keanggotan Badan Pengelola Geopark beserta masyarakat yang terus bahu-membahu membangun sarana dan prasarana secara swadaya di kawasan "geopark" tersebut.

"Saya berharap koordinasi terkait pengembangan 'geopark' di Pulau Belitung agar ke depan lebih intens dilakukan, karena 'geopark' ini memang multisektoral," ujar Abdul.

Pjs Bupati Belitung Sahirman mengatakan akan segera membentuk Tim Koordinasi Geopark di tingkat provinsi untuk menyelesaikan masalah kehutanan dan pertambangan yang telah menjadi kewenangan pemprov.

"Mudahan-mudahan dengan terbentuknya Tim Koordinasi Geopark Pemprov Kepulauan Babel lebih memperlancar akses koordinasi pengembangan 'geopark' menuju UNESCO Global Geopark 2018," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya