Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemotongan Sapi Menjelang Ramadan di Aceh Diperkirakan 650 Ekor

Kebutuhan sapi untuk meugang (hari motong) menyambut Bulan Suci Ramadan untuk wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, diperkirakan mencapai 650 ekor.
Ilustrasi./ANTARA-Aji Styawan
Ilustrasi./ANTARA-Aji Styawan

Bisnis.com, LHOKSEUMAWE—Kebutuhan sapi untuk "meugang" (hari motong) menyambut Bulan Suci Ramadan untuk wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, diperkirakan mencapai 650 ekor.

Kepala Seksi Pengendalian Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Pengawasan Obat Hewan pada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) Kota Lhokseumawe, Indriani, Jumat (4/5/2018) mengatakan, jumlah tersebut merujuk pada tingkat kebutuhan sapi meugang pada tahun sebelumnya.

Kebutuhan daging yang besar pada meugang, terutama daging sapi dikarenakan tradisi masyarakat Aceh pada umumnya sehari sebelum masuk bulan Ramadan mengkomsumsi daging, ungkap Indriani.

Disebutkan, persiapan jumlah sapi yang akan disembelih pada meugang nanti berasal dari semua kecamatan dalam wilayah Pemkot Lhokseumawe, seperti di Kecamatan Muara Satu, Muara Dua, Banda Sakti dan Kecamatan Blang Mangat.

Sebagaimana tingkat kebutuhan jumlah sapi pada tahun lalu pada setiap kecamatan antara lain, Kecamatan Banda Sakti 270 ekor, Muara Dua 130 ekor, Muara Satu 150 ekor dan Kecamatan Blang Mangat 100 ekor.

Sapi yang akan disembelih untuk kebutuhan meugang umumnya jenis sapi jantan lokal. Begitu juga dengan lokasi sembelihan, selain disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH), ada juga yang disembelih di desa-desa, kemudian dagingnya dijual di pasar dan pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

Mengenai kesehatan sapi, tambah dia, dalam keadaan sehat dan tidak membawa penyakit, karena pada umumnya, sapi yang akan dijual pada hari meugang merupakan jenis sapi pilihan dengan kualitas bagus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper