Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampung Timur Siap Kembangkan Budi Daya Bawang Merah

Kabupaten Lampung Timur cocok untuk budi daya tanaman bawang merah menyusul keberhasilan sejumlah petani setempat membudidayakan tanaman hortikultura tersebut.
Petani panen bawang merah./Antara-Saiful Bahri
Petani panen bawang merah./Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, LAMPUNG TIMUR - Kabupaten Lampung Timur cocok untuk budi daya tanaman bawang merah menyusul keberhasilan sejumlah petani setempat membudidayakan tanaman hortikultura tersebut.

"Tadinya kami meragukan tapi setelah kami coba ternyata hasilnya bagus, jadi kami berkesimpulan Lampung Timur cocok untuk budi daya bawang," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Timur M. Yusuf HR saat dihubungi di Lampung Timur, Provinsi Lampung, Rabu (25/4/2018).

Dia menjelaskan mengatakan bahwa sejumlah petani di Kecamatan Batanghari secara swadaya menanam bawang merah dan telah dipanen beberapa waktu lalu dengan hasil maksimal.

Indikatornya dari hasilnya, lanjutnya, umbinya lebih banyak, kualitasnya sama seperti di Brebes, dengan produksi sebanyak 4 kg per meter.

"Di daerah lain seperti Cirebon, kata pengusaha bawang yang ikut melihat hasil panenya, hanya tiga kilogram per meternya, ini berarti kita lebih tinggi," ujar Yusuf.

Kadis Pertanian Lampung Timur itu menyatakan Pemkab Lampung Timur melalui dinasnya tahun 2018 ini akan mengembangkan tanaman bawang merah yang akan dibudidayakan oleh para kelompok tani.

Luas areal yang akan ditanami bawang merah seluas 25 hektare tersebar di sejumlah kecamatan.

"Kita tahun ini dapat 25 hektare untuk program pengembangan budi daya bawang merah, nanti disebar ke sejumlah kecamatan, antara lain di Kecamatan Waway Karya, Batanghari, Purbolinggo, Braja Selebah, dan Sekampung," tambahnya.

Dalam program pengembangan bawang tersebut, Dinas Pertanian akan memberikan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan kepada para petani yang membudidayakan bawang merah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper