BPBD Bangun Tanggul dan Minta Bantuan Medco Padamkan Api

Oleh: Abdul Hadi Firsawan/K33 25 April 2018 | 18:20 WIB
BPBD Bangun Tanggul dan Minta Bantuan Medco Padamkan Api
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur mengerahkan satu unit alat berat untuk membuat tanggul dan melakukan upaya pemadaman api dari sumur minyak tradisional yang terbakar di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur/BPBD Aceh

Bisnis.com, BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur mengerahkan satu unit alat berat untuk membuat tanggul dan melakukan upaya pemadaman api dari sumur minyak tradisional yang terbakar di Desa Pasir Putih, Kabupaten Aceh Timur.

Selain membangun tanggul, BPBD Aceh Timur menyiagakan dua unit mobil tangki air untuk mengantisipasi meluasnya minyak yang meleleh ke pemukiman masyarakat. Saat ini, ketinggian api dari sumur minyak yang terbakar tersebut mencapai 75 meter dan berada di tengah pemukiman masyarakat.

BPBD Aceh Timur mensiagakan empat unit armada pemadam kebakaran di tiga sudut lokasi kebakaran. Mereka juga meminta bantuan PT. Medco Energi Internasional untuk membantu memadamkan api. Medco merupakan perusahaan yang bergerak dibidang energi.

"Karena sumber api sangat spesifik maka BPBD meminta Medco dan sudah sampai di lokasi Pertamina Medan," kata Kalak BPBD Aceh, T. Ahmad Dadek, Rabu (25/04/2018).

Ia mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB kebakaran belum dapat dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran, BPBD, TNI, dan Polri saat ini masih siaga di lokasi kejadian kebakaran untuk mengantisipasi dampak kebakaran meluas ke pemukiman masyarakat.

Sementara Tim Reaksi Cepat memberikan perlindungan kepada masyarakat di sekitar lokasi kebakaran. Ada lima KK yang mengungsi ke rumah kerabatnya akibat peristiwa itu. BPBD Aceh Timur juga sudah mendirikan posko 100 meter dari lokasi kebakaran di Desa Pasir Putih dan masyarakat yang berada di radius 100 meter dari lokasi kebakaran sudah di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Foto-foto dari BPBD Aceh

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya