Bengkulu Gelar Peringatan Hari Kartini di Rumah Ibu Fatmawati

Oleh: Newswire 25 April 2018 | 12:22 WIB
Bengkulu Gelar Peringatan Hari Kartini di Rumah Ibu Fatmawati
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, BENGKULU—Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar puncak peringatan Hari Kartini ke-139 di halaman Rumah Ibu Fatmawati, yang merupakan Ibu Negara pertama Republik Indonesia di Jalan Fatmawati, Kota Bengkulu.

Peringatan Hari Kartini di Rumah Ibu Fatmawati ini untuk mengingatkan kita akan perjuangan seorang perempuan hebat asal Bengkulu, kata Asisten II Sekretaris Provinsi Bengkulu Yuliswani di Bengkulu, Rabu (25/4/2018).

Ia mengatakan Ibu Fatmawati yang merupakan putri asli Bengkulu telah menjadi saksi dan pelaku sejarah perjuangan bangsa yang selaras dengan cita-cita Kartini.

Emansipasi dan keadilan gender yang menjadi roh perjuangan Kartini seyogyanya dapat menginspirasi perempuan Bengkulu dan Indonesia untuk memajukan bangsa.

Perempuan merupakan potensi bangsa, menjadi sumber tenaga kerja berkualitas, ucapnya.

Puncak peringatan Hari Kartini di halaman Rumah Ibu Fatmawati tersebut dihadiri ratusan undangan yang didominasi para perempuan dari berbagai latar belakang organisasi.

Berbagai penampilan kesenian baik tari dan musik yang merupakan musik khas Bengkulu ditampilkan oleh kaum perempuan.

Ketua panitia kegiatan, Asmeri Yosita Andusti dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Kartini di Bengkulu mengambil tema "Semangat Kartini Semangat Eksplorasi Khasanah Budaya Bangsa".

Kegiatan ini juga bertujuan membantu mengenalkan khasanah budaya Bengkulu kepada masyarakat luas, kata dia.

Rangkaian kegiatan lanjut Asmeri telah digelar sejak Maret 2018 dengan menggelar berbagai lomba mulai dari lomba Kartini Idol Bengkulu yaitu lomba tarik suara, diskusi tematik tentang perempuan dan anak hingga memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan hebat tulang punggung keluarga.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya