Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Ajak para Siswa Ikut Kompetisi Sains Madrasah

Kementerian Agama kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018, yang akan digelar secara berjenjang mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional.
Seorang siswa sedang mencoba permainan sains di satu acara pameran di Jakarta./JIBI-Istimewa
Seorang siswa sedang mencoba permainan sains di satu acara pameran di Jakarta./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Kementerian Agama kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018, yang akan digelar secara berjenjang mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A Umar, mengatakan kompetisi dimulai dari jenjang pertama yang dilakukan oleh masing-masing Satuan Pendidikan.

Jenjang berikutanya adalah pendaftaran KSM Kabupaten/Kota yang dilakukan secara online pada 24-30 April 2018, yakni mendaftar melalui laman resmi KSM Kementerian Agama.

“KSM ini juga terbuka bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekola Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Aliah (MA)/Sekolah Menengah Atas (SMA),” katanya.

Dia dalam situs resmi Kementerian Agama, Minggu (22/4/2018), menjelaskan untuk pendaftaran kompetis agar mengunjungi https://ksm.kemenag.go.id/ dan https://kemenag.go.id/home/artikel/43080/juknis-pelaksanaan-kompetensi-sains-madrasah-tahun-2018

Menurut Umar, KSM Kabupaten/Kota akan digelar serentak pada 12 Mei 2018, kemudian KSM Provinsi pada 25 juli 2018, dan Nasional rencana dilaksanakan pada 17-21 September 2018 di Kota Bengkulu.

Umar mengungkapkan bidang studi yang dilombakan pada KSM untuk tingkat MI yakni mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tingkat MTs adalah Matematika, IPA dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan tingkat MA ialah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Adapun untuk KSM Kabupaten/Kota, lanjutnya, lomba berupa tes tertulis berbasis kertas pensil atau paper based test dan untuk KSM Provinsi sudah berbasis komputer atau computer based test (CBT).

“Sedangkan KSM Nasional, selain tes tertulis berbasis komputer atau computer based test (CBT), juga ada tes experiment/eksplorasi. Penilaian akan dilakukan secara terpusat oleh Komite KSM Nasional,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper