PGN Medan Dapat Dua Pelanggan Baru

Selain jaringan gas untuk 10.000 rumah tangga yang diprediksi akan mulai dialirkan pada akhir 2018, Perusahaan Gas Negara Area Medan juga mendapat dua pelanggann baru.
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa Regulator System di Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/9)./JIBI-Nurul Hidayat
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk memeriksa Regulator System di Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/9)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MEDAN — Selain jaringan gas untuk 10.000 rumah tangga yang diprediksi akan mulai dialirkan pada akhir 2018, Perusahaan Gas Negara Area Medan juga mendapat dua pelanggann baru.

Sales Area Head PGN Medan Saeful Hadi menyebutkan kedua pelanggan baru tersebut antara lain PT Alfo Citra Abadi dan CV Cipta Rasa Nusantara.

PT Alfo Citra Abadi yang merupakan industri penghasil profil aluminium dengan pemakaian mencapai 240.000 meter kubik per bulan atau 0,3 billion british thermal unit per day (BBTUD). Adapun CV Cipta Rasa Nusantara, pemilik merek Bolu Meranti akan menyerap pasokan gas sebesar 15.000 meter kubik atau 0,017 BBTUD per 1 Mei nanti.

“Ada dua pelanggan baru pada 2018, PT Alfo Citra Abadi sudah tersambung per Maret 2018, untuk Bolu Meranti per 1 Mei nanti,” katanya, Kamis (19/4/2018).

Dengan masuknya PT Alfo Citra Abadi sebagai pelanggan, maka saat ini PGN memiliki 45 konsumen dari sektor Industri Manufaktur dan Pembangkit setelah sebelumnya pada 2017 PT Industri Karet Deli memutuskan untuk menghentikan kontraknya dengan PGN. Untuk segmen ini, perusahaan pelat merah ini mengalokasikan gas sebanyak 10.098.218 meter kubik atau 12,43 BBTUD.

Menurut Saeful, keputusan Karet Deli untuk berhenti menjadi pelanggan karena masalah peralatan. “Peralatannya yang pakai gas sering rusak, karena umurlah,” jelas Saeful.

Adapun untuk pelanggan kecil seperti Bolu Meranti saat ini PGN melatani 410 konsumen dengan pemakaian 100.861 meter kubik per bulan atau 0,13 BBTUD sementara untuk Industri Jasa Komersial saat ini PGN memiliki 72 pelanggan dengan pemakaian 314.361 meter kubik atau 0,38 BBTUD.

Khusus untuk jaringan gas rumah tangga, hingga saat ini PGN telah melayani 19.697 konsumen dengan alokasi gas 334.660 meter kubik atau 0,44 BBTUD. Seiring dengan bertambahanya 10.000 pelanggan baru di segmen ini, maka jumlah gas yang disalurkan untuk jaringan gas rumah tangga akan meningkat sekitar 0,2 BBTU.

Adapun selama 2017, PGN Medan juga telah mendapatkan sejumlah pelanggan baru yang terdiri atas rumah sakit, hotel juga rumah makan.

Salah satu pelanggannya yakni Rumah Makan Sederhana, menurut Saeful, bahkan berminat untuk memakai gas dari PGN di sejumlah gerainya.

“Saat ini baru satu gerai, tapi mereka minta semua gerai yang dilalui pipa PGN untuk bisa menggunakan gas dari PGN. Nanti kita akan lakukan survey dulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper