Djarot : Revitalisasi Istana Maimun Penting Dilakukan

Oleh: Juli Etha Ramaida Manalu 19 April 2018 | 02:17 WIB
Djarot : Revitalisasi Istana Maimun Penting Dilakukan
Sihar Sitorus dan Djarot Saiful Hidayat/Antara

Bisnis.com, MEDAN—Istana Maimun sebagai salah satu ikon bersejarah Kota Medan memerlukan revitalisasi dengan melibatkan para arsitek dan arkeolog. Semua itu diperlukan demi melestarikan akar budaya Melayu yang dibawa Kesultanan Deli.

Hal itu disampaikan Calon Gubernur Sumatra Utara Djarot Saiful Hidayat dalam silaturahmi bersama Keluarga Besar Kesultanan Deli.

“Di samping silaturahmi dengan keluarga besar Kesultanan Deli, sebetulnya kita juga ingin mendalami bagaimana Istana Maimun yang merupakan ikon, bukan hanya ikon Kota Medan tapi ini ikon Sumatra Utara, itu bisa direvitalisasi dengan melibatkan para arkeolog dan arsitek yang terbaik untuk menata kawasan ini, terutama lingkungannya,” kata Djarot, Rabu (18/4/2018).

Menurut Djarot, hingga saat ini Istana Maimun yang merupakan istana Kesultanan Deli belum pernah benar-benar direvitalisasi. Padahal, istana ini adalah objek wisata yang sekaligus merupakan cagar budaya yang seharusnya bisa menjadi kebanggan Sumatra Utara.

Selain merevitalisasi Istana Maimun guna meningkatkan daya tariknya, diharapkan kegiatan budaya seperti pertunjukan atau bahkan pelatihan tari Melayu bagi wisatawan di tempat ini juga bisa dimaksimalkan. 

Langkah tersebut berguna untuk melestarikan akar budaya Melayu sehingga bisa semakin dikenal oleh masyarakat.Tak kalah menarik, pemakaian baju adat juga bisa menjadi suguhan lainnya.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya