Pengusaha Pempek Keluhkan Pasokan Ikan Gabus

Oleh: Dinda Wulandari 17 April 2018 | 15:50 WIB
Pengusaha Pempek Keluhkan Pasokan Ikan Gabus
Pempek Palembang/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG --Pengusaha pempek di Palembang mengeluhkan menurunnya pasokan ikan gabus yang merupakan bahan baku utama makanan khas itu di pasaran.

Anggota Asosiasi Pempek Palembang M. Firdaus mengatakan berkurangnya pasokan ikan gabus itu biasa terjadi saat musim penghujan.

"Kalaupun ikannya ada, harga pasti sangat tinggi bisa mencapai Rp50.000 per kg sampai Rp60.000 per kg," katanya, Selasa (17/4/2018).

Sementara jika kondisi normal, harga ikan gabus hanya sekitar Rp35.000 sampai Rp40.000 per kg.

Untuk menyiasati kelangkaan dan harga yang tinggi pada bahan baku pempek itu, maka tak jarang pengusaha mengganti jenis ikan, seperti ikan tenggiri atau ikam ruca dan parang-parang.

Namun demikian, diakui Firdaus, kualitas ikan gabus dengan ikan lainnya berbeda untuk menjadi pempek.

Dia menjelaskan ikan gabus memiliki daging bertekstur lembut dengan cita rasa yang lebih khas untuk dijadikan pempek.

"Memang ada ikan jenis lain, tetapi kurang enak, sehingga mau tidak mau kami harus mengurangi keuntungan. Untuk menaikkan harga atau menurunkan kualitas, kami khawatir pelanggan malah kabur," katanya.

Menurut dia, perlu adanya campur tangan pemerintah untuk mengatasi masalah pasokan bahan baku pempek itu. Salah satunya mendorong budidaya ikan gabus.

"Sebaiknya mulai dikembangkan budidaya ikan gabus, sehingga pasokan tetap ada dan harga stabil seperti halnya ikan lele dan ikan patin," katanya.

Pihaknya sendiri, kata dia, sudah menyampaikan usulan itu ke pemerintah saat ada kunjungan Komisi IV ke sentra kuliner ikan di Benteng Kuto Besak beberapa waktu lalu.

Sementara itu, berdasarkan pantauan harga ikan gabus di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, mengalami kenaikan hingga mencapai Rp50.000 per kg.

Sulaiman, pedagang daging ikan, di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan bahwa melonjak harga dari biasanya hanya Rp45.000 per kg karena pasokan yang berkurang akibat pengaruh cuaca.

Kenaikan harga bukan hanya pada ikan segar, melainkan juga ikan gabus giling, seperti di Pasar Lemabang, bergerak naik dari Rp55.000 per kg menjadi Rp60.000 per kg hingga Rp65.000 per kg.

Alamsyah, pedagang ikan giling di pasar tersebut, mengatakan bahwa pasokan dari Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir berkurang sejak sepekan terakhir.

"Dari agen agak kurang sedikit karena ada hujan lebat beberapa hari lalu," katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya