Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Kreatif Topang Pertumbuhan IKM Yogyakarta

Ekonomi kreatif menjadi penopang utama pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah Yogyakarta.

Bisnis.com, JAKARTA—Ekonomi kreatif menjadi penopang utama pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah Yogyakarta. 

Sepanjang 2017, IKM di kawasan ini tumbuh 17,28% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Peningkatan tersebut jauh melampaui pertumbuhan industri di tingkat nasional sebesar 4,59%.

Direktur Jenderal IKM Kementerian Peindustrian Gati Wibawaningsih pada acara pembukaan Pameran Produk Unggulan Kerajinan Jogja Istimewa di Plasa Pameran Industri, Jakarta, Selasa, (17/4) menuturkan pemerintah telah menjalankan berbagai program, seperti peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis, serta penggunaan teknologi terkini dengan program restrukturisasi mesin dan peralatan.

"Guna meningkatkan akses pasar, Kemenperin memiliki program e-Smart IKM yang telah bekerja sama dengan beberapa marketplace dalam negeri," kata Gati. 

Menurut Gati di tengah-tengah upaya pembangunan ekonomi, sentra-sentra IKM sebagai basis ekonomi kerakyatan harus terus dikembangkan. Upaya yang dilakukan pemerintah diantaranya fasilitasi kemudahan untuk mempromosikan karya-karya dari para pelaku IKM nasional. "Salah satunya memfasilitasi kegiatan pameran, baik di dalam maupun luar negeri," ujarnya.

Pameran Produk Unggulan Kerajinan Jogja Istimewa diikuti sebanyak 50 IKM binaan Dekranasda Yogyakarta yang terdiri dari IKM batik, lurik, perak, kayu, rajut, kulit, fesyen, dan makanan olahan. Pameran ini berlangsung selama 17-20 April 2018 dan dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Ratna Ariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper