Pessel Klaim 3 Destinasi Wisata Miliki Asuransi bagi Pengunjung

Oleh: Heri Faisal 16 April 2018 | 20:10 WIB
Kawasan Wisata Mandeh/Antara

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat mengklaim tiga destinasi wisata di daerah itu sudah dilengkapi asuransi, sehingga memberikan perlindungan kepada pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan (Pessel) Mawardi Roska mengatakan asuransi di objek wisata bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada wisatawan yang datang.

“Ini [asuransi] agar pengunjung lebih terjaga, sekaligus bentuk kepedulian pemda kepada wisatawan,” katanya, Senin (16/4/2018).

Dia mengatakan tiga destinasi yang sudah dilengkapi asuransi itu adalah Pantai Carocok Painan, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh dan Kawasan Pemandian Timbulun.

Tidak hanya objek yang diasuransikan untuk memberikan perlindungan kepada wisatawan, pelaku usaha di kawasan wisata tersebut juga diminta melindungi wisawatan dengan asuransi jiwa.

“Yang punya usaha penyeberangan juga kami minta melindungi penumpangnya dengan asuransi. Juga pelaku usaha wahana permainan di tempat wisata, jadi aman,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya asuransi dan perlindungan terhadap wisatawan, selain memberikan rasa aman, juga akan meningkatkan kepercayaan wisatawan kepada pelaku usaha pariwisata. Dampak jangka panjang akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pessel.

Dia mengatakan kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Pessel juga sangat tinggi. Untuk kawasan Mandeh misalnya dikunjungi sedikitnya 2.500 wisatawan saat weekend atau libur akhir pekan.

Adapun, Pemkab Pessel memang memprioritaskan pengembangan pariwisata sebagai salah satu sektor untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya