Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Ikan Asing Ilegal Filipina Ditangkap di Perairan Sulawesi

Kapal Pengawas Perikanan (KP) Hiu Macan Tutul 001 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 2 kapal ikan asing (KIA) ilegal berbendera Filipina.
ilustrasi/Antara-Wira Suryantala
ilustrasi/Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA–Kapal Pengawas Perikanan (KP) Hiu Macan Tutul 001 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap 2 kapal ikan asing (KIA) ilegal berbendera Filipina.

Kapal tersebut ditangkap saat melakukan illegal fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) Laut Sulawesi.
Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Nilanto Perbowo mengatakan, kedua kapal berjenis light boat (purse seine) tersebut adalah FB. LB. Luke V dan FB. LB. John V.

Keduanya adalah kapal penangkap ikan dengan ukuran masing-masing 15,06 GT dan 16,47 GT milik Golden Genesis Marine Resources Corp (GGMRC).

“Saat ditangkap, ditemukan 2 ABK berkewarganegaraan Filipina di FB. LB. Luke V dan 3 ABK Filipina di FB.LB. John V. Jadi tidak satu pun ABK-nya berkewarganegaraan Indonesia,” katanya melalui keterangan resmi pada Kamis (12/4).

Penangkapan dilakukan karena kedua kapal tidak memiliki satupun dokumen perizinan untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan dari pemerintah Indonesia. Selanjutnya, kedua kapal tersebut di kawal dan diserahkan kepada Pangkalan PSDKP Bitung pada 9 April 2018.

Menurutnya, keberhasilan penangkapan KIA ilegal ini berkat laporan langsung dari masyarakat dan dukungan pengawasan melalui udara (air surveillance) oleh Ditjen PSDKP pada 6 April 2018 dengan wilayah pengawasan disekitar perbasatan RI-Filipina. Dari pengawasan tersebut terpantau adanya 2 unit lightboat berbendera Filipina dan 1 pumpboat sedang beroperasi di WPP-RI Perairan Laut Sulawesi (sekitar 6 Mil laut dari perbatasan RI-Filipina dan masuk ke WPP-RI).

Atas dasar informasi tersebutlah KP Hiu Macan Tutul 001 berhasil melakukan pencegatan dan penangkapan. Namun 1 pumpboat berhasil melarikan diri ke ZEE Filipina.

Kapal-kapal tersebut diduga melakukan pelanggaran di bidang perikanan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp20 miliar.

Dengan keberhasilan penangkapan ini, tercatat sejak awal Januari 2018 - 10 April 2018, Kapal Pengawas Perikanan KKP telah menangkap 26 kapal ilegal yang terdiri dari 3 kapal Vietnam, 2 Filipina, 1 Malaysia, dan 20 kapal Indonesia.Dalam operasi tersebut KP Hiu Macan Tutul 001 juga berhasil menertibkan 9 rumpon ilegal yang diduga dimiliki oleh pemilik yang sama dengan kapal yang ditangkap.

“Rumpon atau yang biasa disebut sebagai fish aggregating devices (FADs) ini sengaja dipasang sebagai pengumpul ikan di Laut Sulawesi sehingga ikan-ikan pelagis berkumpul di sana,” jelas Nilanto.

Nilanto melanjutkan KIA Filipina lebih suka menggunakan rumpon sebagai atraktor (pengikat) bagi ikan yang memiliki sifat fototaksis positif. Dengan demikian, kapal ilegal Filipina dapat menangkap ikan dalam jumlah yang banyak.

"Rumpon juga akan dipasangi transmitter agar dapat terpantau terus oleh kapal-kapal yang ada di lapangan. Ini merupakan alat yang paling efektif dan banyak digunakan armada perikanan di dunia,” Nilanto melanjutkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper