PILKADA SUMSEL: Cawagub Yudha Pratomo Paling Kaya dengan Harta Rp82,26 Miliar

Oleh: Dinda Wulandari 11 April 2018 | 06:46 WIB
Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Saifudin Aswari Rivai (kanan)-Muhammad Irwansyah (kiri) menyimak proses verifikasi berkas saat mendaftarkan diri di KPU Sumsel Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (10/1). Saifudin Aswari Rivai (Bupati Kabupaten Lahat, Sumsel) - Muhammad Irwansyah (Walikota Pangkalpinang, Bangka Belitung) yang diusung Partai Gerindra, PKS akan maju sebagai bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumsel pada Pilkada 2018. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Yudha Pratomo, calon wakil gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Paslon nomor 3, tercatat memiliki total harta kekayaan tertinggi senilai Rp82,26 miliar dibandingkan calon kepala daerah lain yang mengikuti Pilkada Sumsel 2018.

Jumlah harta tersebut tertuang dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang disampaikan saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar program Pilkada Berintegritas di Sumsel, Selasa (10/4/2018).

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan selain pembekalan antikorupsi, KPK memanfaatkan momen Pilkada Berintegritas 2018 di Sumsel untuk memfasilitasi pengumuman LHKPN masing-masing calon kepala daerah kabupaten/kota di daerah itu.

“Tujuannya untuk para calon kepala daerah adalah untuk sarana pengendalian internal karena setiap perubahan hartanya harus dilaporkan setiap tahun dan dapat diawasi oleh masyarakat. Untuk masyarakat, pengumuman LHKPN ini adalah sebagai salah satu penilaian untuk menentukan calon kepala daerahnya,” paparnya.

Adapun untuk kekayaan tertinggi yang dimiliki Yudha Pratomo, ujar Basaria, terdiri dari harta tanah dan bangunan senilai Rp81,69 miliar berupa 68 bidang tanah; harta alat transportasi dan mesin senilai Rp485 juta; harta kas dan setara kas sejumlah Rp83,80 juta.

Selanjutnya, calon kepala daerah (Cakada) Sumsel dengan harta kekayaan terendah adalah Irwansyah yang merupakan calon wakil gubernur Paslon nomor 2 dengan total harta kekayaan sebesar Rp12,48 miliar. Kekayaan tersebut terdiri dari harta tanah dan bangunan, yakni 3 bidang tanah senilai Rp12 miliar; harta bergerak lainnya senilai Rp435 juta dan harta kas dan setara kas sejumlah Rp51 juta.

Sementara itu, untuk kekayaan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel lainnya adalah sebagai berikut:
- Herman Deru, calon gubernur paslon nomor 1 memiliki kekayaan senilai total Rp34,56 miliar.
- Mawardi Yahya, calon wakil gubernur paslon nomor 1 memiliki kekayaan senilai total Rp14,95 miliar.
- Saifudin Aswari Rivai, calon gubernur paslon nomor 2 memiliki kekayaan senilai total Rp28,72 miliar.
- Ishak Mekki, calon gubernur paslon nomor 3 memiliki kekayaan senilai total Rp14,56 miliar.
- Dodi Reza Alex Noerdin, calon gubernur paslon nomor 4 memiliki kekayaan senilai total Rp31,62 miliar.
- Giri Ramanda N. Kiemas, calon wakil gubernur paslon nomor 4 memiliki kekayaan senilai total Rp15,36 miliar.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya