Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenaikan Harga Cabai Merah Kerek Inflasi Palembang 0,39%

Kenaikan harga kelompok bahan makanan, yakni cabai merah dan bawang merah, tercatat membuat inflasi di Kota Palembang terkerek menjadi 0,39% pada Maret 2018.

Bisnis.com, PALEMBANG – Kenaikan harga kelompok bahan makanan, yakni cabai merah dan bawang merah, tercatat membuat inflasi di Kota Palembang terkerek menjadi 0,39% pada Maret 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan, Yos Rusdiansyah, mengatakan cabai merah menjadi komoditas dengan andil terbesar untuk inflasi Kota Palembang pada bulan lalu.

“Harga cabai merah yang naik 10,52% memiliki andil inflasi tertinggi dibanding komoditas lainnya, yakni sebesar 0,09%,” katanya, Senin (2/4/2018).

Yos mengemukakan kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas bawang merah, bawang putih, daging ayam ras hingga kangkung.

Menurut dia, BPS memantau perkembangan harga terhadap 386 komoditas yang ada di Kota Palembang, di mana terdapat 110 komoditas yang mengalami kenaikan harga, sedangkan 56 komoditas lainnya menurun dan sisanya stabil.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Yustianus mengatakan pihaknya memang tengah menyoroti kenaikan harga cabai merah di pasaran yang cukup tinggi pada bulan lalu.

“Bulan lalu harga cabai merah bisa mencapai Rp60.000 sementara cabai rawit senilai Rp65.000 per kilogram,” ujarnya.

Namun demikian, kata Yustianus, pihaknya memastikan dapat mengendalikan harga bahan pokok sebelum menjelang Ramadan yang jatuh pada Mei 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper