Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangka Belitung Siapkan Enam Juta Bibit Lada Putih

Kementerian Pertanian akan membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung enam juta bibit lada putih untuk menjadikan Babel sebagai pusat lada dunia.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, PANGKALPINANG—Kementerian Pertanian akan membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung enam juta bibit lada putih untuk menjadikan Babel sebagai pusat lada dunia.

"Kementan sudah setuju menganggarkan dana untuk pengembangan pusat pertanian lada di daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu (28/3/2018).

Ia menjelaskan bantuan dana dari Kementan ini akan diperuntukkan pengadaan enam juta bibit lada putih 2019, guna memotivasi petani untuk mengembangkan usaha perkebunan komoditas ekspor itu.

"Kementan menginginkan Babel sebagai daerah sentra pengembangan dan penelitian lada, daerah ini akan terus mendapatkan bibit berkualitas dari pemerintah pusat," katanya.

Selain itu, Kementan juga berkeinginan Babel sebagai pusat lada dunia karena daerah ini sudah memiliki brand "Muntok White Pepper" juga bakal menjadi tempat penelitian tentang tanaman lada.

"Mentan juga akan membantu permodalan perkebunan lada melalui dana KUR dan ini sudah mendapatkan dukungan pemerintah pusat," kata Erzaldi.

Ia mengatakan untuk mewujudkan keinginan Kementan ini, pemerintah provinsi terus berupaya dan fokus pengembangan perkebunan, produksi dan kualitas lada putih petani melalui bantuan bibit, pupuk, pelatihan dan pengolahan pascapanen.

"Kami juga telah membangun resi sistem gudang, guna menjaga stabilitas harga lada sehingga petani tetap untung dan terus mengembangkan usaha perkebunannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper