Lembaga Pemasyarakatan di Sumsel Over Kapasitas

Oleh: Dinda Wulandari 21 Agustus 2017 | 18:10 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG --Lembaga Permasyarakatan di Sumsel tercatat sudah over kapasitas yang mana sudah mencapai dua kali lipat dari kapasitas normal.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumsel, Sudirman mengatakan, total kapasitas LP yang ada di Sumsel hanya 6.000, saat ini jumlah warga binaan mencapai 12.000.

"Mengantisipasi ini, maka kami mengajukan pembangunan dua Lapas yang berada di Pagar Alam dan Martapura," katanya, Senin (21/8/2017).

Menurutnya, kondisi saat ini sungguh memprihatikan. Pasalnya, satu lapas yang daya tampungnya hanya 300 orang, dijejali hingga seribu orang.

Namun demikian, meski over kapasitas, sambung dia, tahun ini belum ada rencana untuk melakukan pembangunan lapas baru. Yang ada tahun ini adalah renovasi dan perbaikan di dua lapas yakni lapas Lahat dan LPKA Palembang.

"Perbaikan menggunakan ABPN Perubahan, artinya pada September mendatang baru dilakukan perbaikan," katanya.

Menurut Sudirman, anggaran perbaikan cukup besar sekitar Rp4 miliar. Tapi yang jelas, perbaikan ini berupa peningkatan saluran air, tembok (dinding) lapas yang perlu ditingkatkan, fasilitas umum, penambahan blok bagi warga binaan dan lainnya.

"Meski ada penambahan dan perbaikan, tidak mengurangi jumlah kapasitas yang masih sangat kurang sangat banyak"katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya melakukan redestribusi warga binaan LP ke LP yang masih tersisa.

"Jadi, mana LP yang masih memungkinkan untuk di lakukan redistribusi akan dilakukan tidak hanya di Sumsel tetapi di luar Sumsel, tapi alhamdulilah sejauh ini masih bisa di lakukan redestribusi lapas dan rutan di Sumsel,"ungkapnya.

Misalnya, kata dia, LP dan Rutan yang over kapasitas 100%, maka akan di redestribusikan ke LP yang 50%.

Sudirman mengemukakan, pihaknya sudah mengajukan penambahan LP tapi hingga saat ini belum disetujui.

Dia mengatakan, dana untuk pembangunan ini satu LP sekitar Rp40 miliar. Tapi pembangunan ini dilakukan bertahap atau multiyear.

Dengan begitu, dapat mengurangi over kapasitas dari lapas yang ada. "Kapasitas 300 orang, atau sama dengan kapasitas LP yang ada saat ini," ujarnya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya